Muslim Harus Tahu! Ini Alasan Mengapa Bulan Syawal Dianjurkan Untuk Menikah, Simak Penjelasannya!

Muslim Harus Tahu! Ini Alasan Mengapa Bulan Syawal Dianjurkan Untuk Menikah, Simak Penjelasannya!

terdapat beberapa alasan yang mendasari anjuran untuk menikah pada bulan Syawal. --Foto : Freepik.com/freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Bulan Syawal adalah bulan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat Muslim di berbagai penjuru dunia, khususnya kerana datangannya Hari Raya Idul Fitri setelah berpuasa satu bulan penuh.

Namun, tidak hanya itu yang menjadikan bulan ini istimewa. Syawal juga terkenal sebagai bulan yang dianjurkan untuk menikah. Tetapi, apa sebenarnya alasan di balik anjuran tersebut?

Syawal menjadi tanda kemenangan bagi umat Muslim, terutama setelah satu bulan penuh berpuasa dan beribadah dengan penuh kesungguhan di bulan Ramadhan. Tanda kemenangan ini dimulai dengan Hari Raya Idul Fitri pada tanggal 1 Syawal.

Selain Ramadhan, bulan Syawal juga terkenal sebagai salah satu bulan terbaik dalam Islam. Banyak amalan ibadah yang dianjurkan dilaksanakan di bulan ini, termasuk di antaranya puasa sunah 6 hari yang nilai pahalanya luar biasa dan melangsungkan pernikahan pada bulan syawal.

 BACA JUGA:Dear Muslimah, Jangan Hanya Penampilan Tetapi Juga Akhlak, Berikut Tips Mempercantik Diri Sesuai Syariat Islam


Ini Alasan Mengapa Bulan Syawal Dianjurkan Untuk Menikah, Simak Penjelasannya! --Foto : Freepik.com/freepik

Dikutip dari laman Nu Online, Syawal juga dikenal sebagai bulan yang dianjurkan untuk menikah. Ternyata, terdapat beberapa alasan yang mendasari anjuran untuk menikah pada bulan Syawal. Beberapa orang mungkin menghindari bulan dan tanggal tertentu untuk menikah karena mempercayainya sebagai bulan dan tanggal yang tidak baik.

Fenomena serupa juga terjadi pada zaman jahiliyah. Orang-orang pada masa itu meyakini bahwa bulan Syawal adalah bulan yang tidak baik dan membawa sial, sehingga penduduk Makkah dilarang menikah pada bulan tersebut.

Mitologi tersebut muncul karena pada suatu bulan Syawal terdapat wabah penyakit di kawasan Makkah. Namun, Rasulullah SAW membantah mitos tersebut dengan menikahi putri Abu Bakar, Siti Aisyah, pada bulan Syawal, sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah hadis.

Sayyidah ‘Aisyah ra berkata: Rasulullah saw menikahiku pada bulan Syawal dan mengadakan malam pertama pada bulan Syawal. Istri Rasulullah mana yang lebih beruntung daripada diriku di sisi beliau? (HR Muslim).

BACA JUGA:Alami Gangguan Kesehatan Usai Lebaran? Ini Obat Alami Anjuran Rasulullah SAW Disebut dalam Al-Qur'an 

Imam Nawawi dalam al-Minhaj fi Syarhi Shahih Muslim menjelaskan, Sayyidah Aisyah mengatakan hal tersebut untuk menepis keyakinan yang berkembang di masyarakat jahiliyah bahwa makruh menikah, menikahkan, atau berhubungan suami-istri di bulan Syawal. Hal Ini merupakan kebatilan yang tidak memiliki dasar dan dipengaruhi oleh pandangan orang jahiliyah yang menganggap bulan tersebut sebagai bulan sial.

Dengan anjuran ini, umat Muslim dianjurkan untuk menikah pada bulan Syawal, sehingga mereka akan mendapatkan pahala karena mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Selain itu, terdapat beberapa keutamaan menikah di bulan Syawal yang perlu diketahui, sebagaimana telah dirangkum oleh paltv.disway.id dari berbagai sumber:

1.  Mengikuti Sunah Rasulullah SAW

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber