Dear Muslimah, Jangan Hanya Penampilan Tetapi Juga Akhlak, Berikut Tips Mempercantik Diri Sesuai Syariat Islam

Dear Muslimah, Jangan Hanya Penampilan Tetapi Juga Akhlak, Berikut Tips Mempercantik Diri Sesuai Syariat Islam

Tips Mempercantik Diri Sesuai Syariat Islam--Foto : Freepik.com/freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Setiap wanita pastinya ingin tampil cantik dan menarik, Namun, dalam pandangan Islam, kecantikan wanita tidak hanya semata-mata tentang penampilan fisik saja tetapi juga akhlaknya.

Dalam ajaran Islam, ciri seorang wanita cantik lebih ditentukan oleh sikap dan perilaku yang terpancar dari dalam dirinya.

Seorang wanita yang cantik bukanlah ia yang cantik lalu mengumbar kecantiknya ataupun kemolekan tubuhnya untuk konsumsi publik. Wanita cantik adalah ia yang juga memiliki hati yang cantik serta akhlak yang membuatnya terlihat cantik tak hanya dari luar namun juga dari dalam.

Wanita cantik juga merupakan ia yang menjaga kecantikannya hanya untuk seseorang yang memang telah dihalalkan baginya.

BACA JUGA:Alami Gangguan Kesehatan Usai Lebaran? Ini Obat Alami Anjuran Rasulullah SAW Disebut dalam Al-Qur'an 


Jangan hanya Penampilan Tetapi Juga Akhlak--Foto : Freepik.com/sketchpedia

Allah SWT menekankan pentingnya menjaga kehormatan diri, sebagaimana yang disampaikan dalam surat An-Nur ayat 31,

Artinya: "Katakanlah kepada wanita yang beriman: ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya."

Dari ayat tersebut menegaskan bahwa kecantikan sejati berasal dari ketundukan kepada ajaran-Nya dan menjaga kesucian diri dari segala hal yang tidak layak.

Cantik menurut Islam tidak hanya sekedar penampilan fisik, tetapi juga mencakup aspek jiwa, hati dan akhlak. Sebagaimana Rasulullah SAW selalu berdoa ketika bercermin agar tidak hanya dihiasi fisiknya, tetapi juga akhlaknya.

BACA JUGA:Meningkatkan Imunitas dengan Puasa Syawal: Bukti Ilmiah dan Manfaatnya 

“Alhamdulillaah allaahumma kamaa hassanta khalqi fahassin khuluqii”

Artinya: "Segala puji hanya bagi Allah. Ya Allah, sebagaimana Engkau telah perindah tubuhku, maka perindah juga akhlakku." (HR. Ahmad dan at-Tirmidzi).

Dalam hadis tersebut, diharapkan umat muslim tidak hanya menghargai keindahan ciptaan Allah SWT dalam bentuk fisik, tetapi juga memohon pertolongan-Nya untuk menjaga dan memperbaiki akhlak serta perilaku umat muslim itu sendiri.

Kecantikan tidak hanya dinilai dari fisik saja, Namun cantik itu adalah apa yg muncul dari dalam hati yang tercermin dari perilaku atau akhlak yang dikenal dengan istilah inner beauty atau kecantikan yang terpancar dari dalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber