Alami Gangguan Kesehatan Usai Lebaran? Ini Obat Alami Anjuran Rasulullah SAW Disebut dalam Al-Qur'an

Alami Gangguan Kesehatan Usai Lebaran? Ini Obat Alami Anjuran Rasulullah SAW Disebut dalam Al-Qur'an

Alami Gangguan Kesehatan Usai Lebaran --Foto : Freepik.com/stockking

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Seusai lebaran biasanya masyarakat tidak jarang akan mengeluh dengan berbagai macam gangguan kesehatan mulai dari sakit perut, diare, kolesterol, dan masih banyak  yang lainya.

Semua itu biasanya terjadi karena pola makan yang tidak sehat karena menyantap makanan khas lebaran yang berlebihan. Dalam islam berbagai obat-obatan alami bisa menjadi solusi untuk mengatasi berbagai penyakit, sebagaimana yang di anjurkan oleh Rasulullah SAW.

Dikutip dari laman NU Online, dalam Islam, Allah SWT mendorong umatnya untuk selalu bertawakal, terutama dalam hal penyembuhan penyakit. Disebutkan dalam sebuah hadits Riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda,

 "Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan akan menurunkan pula obat untuk penyakit tersebut."

Hadits ini menegaskan pentingnya berupaya mencari kesembuhan karena semua penyakit ada obatnya.

 BACA JUGA:Meningkatkan Imunitas dengan Puasa Syawal: Bukti Ilmiah dan Manfaatnya


pentingnya berupaya mencari kesembuhan karena semua penyakit ada obatnya--Foto : Freepik.com/azerbaijan_stockers

Bahkan, banyak tanaman yang disebutkan dalam Al-Qur'an, masing-masing dengan keunggulan dan manfaatnya bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah kurma, buah yang kaya manfaat karena nutrisi yang melimpah.

Pohon bidara juga disebutkan dalam surat Al-Waqiah. Daun bidara memiliki beragam manfaat kesehatan dan sering digunakan sebagai obat herbal.

Dalam beberapa hadits, Nabi Muhammad menganjurkan penggunaan madu untuk penyembuhan berbagai penyakit. Selain itu, Nabi Muhammad juga menggunakan jintan hitam yang memiliki banyak manfaat, seperti memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memiliki efek anti-stres.

Keistimewaan jintan hitam ini juga tercantum dalam salah satu hadits, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

BACA JUGA:Puasa Syawal Dulu Apa Qadha ? Ini jawaban Quraish Shihab

"Sesungguhnya di dalam Habbatussauda (jintan hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit, kecuali kematian." (HR Bukhari dan Muslim).

Selain itu, berikut ini ada beberapa jenis obat –obatan alami yang telah disebutkan dalam Al-Qur’an dan Hadits, yang telah paltv.disway.id rangkum dari berbagai sumber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber