Muslim Harus Tahu! Ini Alasan Mengapa Bulan Syawal Dianjurkan Untuk Menikah, Simak Penjelasannya!

Muslim Harus Tahu! Ini Alasan Mengapa Bulan Syawal Dianjurkan Untuk Menikah, Simak Penjelasannya!

terdapat beberapa alasan yang mendasari anjuran untuk menikah pada bulan Syawal. --Foto : Freepik.com/freepik

Salah satu keutamaan menikah di bulan Syawal adalah mengikuti sunah Rasulullah SAW. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis, bahwa pada bulan Syawal itulah Nabi Muhammad SAW menikah dengan Aisyah RA.

BACA JUGA:Meningkatkan Imunitas dengan Puasa Syawal: Bukti Ilmiah dan Manfaatnya

Rasulullah saw adalah contoh teladan bagi umat Islam dalam segala hal, termasuk dalam pernikahan. Dengan menikah di bulan Syawal, berarti mengikuti jejak beliau dan diharapkan mendapatkan keberkahan dalam rumah tangga.

 

2.  Menghilangkan Kesyirikan

Keutamaan menikah pada bulan Syawal juga termasuk dalam menghilangkan kesyirikan, sebagaimana hadis Nabi Muhammad SAW:

 “Thiyarah (anggapan sial terhadap sesuatu) adalah kesyirikan. Dan tidak ada seorang pun di antara kita melainkan (pernah melakukannya), hanya saja Allah akan menghilangkannya dengan sikap tawakkal.” (HR. Imam Ahmad).

BACA JUGA:Puasa Syawal Dulu Apa Qadha ? Ini jawaban Quraish Shihab

 

3.  Mendapatkan Pahala Ganda

Menikah di bulan Syawal tentunya dapat memperoleh pahala ganda untuk pasangan yang menikah. Selain mendapatkan pahala dari ibadah menikah itu sendiri, juga memperoleh pahala tambahan karena mengikuti sunah Rasulullah SAW.

Dengan demikian, itulah penjelasan mengapa bulan Syawal dianjurkan untuk menikah. Bagi seorang Muslim yang sudah siap dan mampu untuk menikah pada bulan Syawal, ini adalah waktu yang baik. Seperti pernikahan Rasulullah SAW dengan Sayyidah Aisyah RA, meskipun baik juga dilakukan pada bulan-bulan lain.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber