Calon Pengantin Wajib Tahu! Berikut Adab Saat Malam Pertama Pengantin Baru Menurut Islam

Calon Pengantin Wajib Tahu! Berikut Adab Saat Malam Pertama Pengantin Baru Menurut Islam

Menikah merupakan salah satu anjuran Rasulullah SAW bagi umat Muslim sebagai bentuk penyempurna agama. --Foto : Freepik.com/bristekjegor

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Menikah merupakan salah satu anjuran Rasulullah SAW bagi umat Muslim sebagai bentuk penyempurna agama. Setelah melaksanakan akad nikah, pasangan suami istri dinyatakan sah dan halal menurut agama Islam.

Saat malam pertama, pasangan suami istri telah diperbolehkan melakukan hubungan suami istri atau jimak. Namun, ada beberapa adab yang dianjurkan dalam Islam yang perlu diamalkan.

Islam mengajarkan segala hal dalam kehidupan di dunia ini mulai dari hal terkecil sekalipun. Islam juga mengajarkan banyak hal, termasuk tentang membangun rumah tangga yang baik, rumah tangga yang diridhoi oleh Allah SWT, termasuk juga tata cara atau adab malam pertama untuk sepasang suami istri yang baru saja menikah.

Adab malam pertama menurut agama Islam merupakan hal yang wajib diketahui oleh pengantin baru. Adab ini bukan untuk membatasi, melainkan agar yang dilakukan pengantin pada malam pertama menjadi ladang ibadah dan membawa berkah bagi pasangan suami istri.

BACA JUGA:Pengadilan Agama Catat 662 Kasus Cerai di Palembang pada Triwulan Pertama 2024 


terdapat beberapa alasan yang mendasari anjuran untuk menikah. --Foto : Freepik.com/freepik

Lalu, apa saja adab saat malam pertama bagi pengantin baru menurut agama Islam? Dirangkum paltv.disway.id dari berbagai sumber berikut adab yang bisa dilakukan pengantin baru saat malam pertama setelah akad nikah:

 

Mengucapkan Salam Sebelum Masuk Kamar:

Rasulullah SAW menekankan pentingnya memberi salam sebelum memulai hubungan suami istri atau jimak. Hal ini tercermin dalam sebuah hadits yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW mengucapkan salam kepada istrinya sebelum menjalani hubungan suami istri.

Dalam hadits riwayat hasan shahih, beliau berkata:

"Ummu Salamah RA berkata bahwa saat Rasulullah SAW menikahinya dan beliau hendak berjimak, beliau mengucapkan salam terlebih dahulu." (HR. Abu Syaikh)

 BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Ini Alasan Mengapa Bulan Syawal Dianjurkan Untuk Menikah, Simak Penjelasannya!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber