Pesona Goa Putri, Muasal Legenda Kutukan Dayang Merindu

Pesona Goa Putri, Muasal Legenda Kutukan Dayang Merindu

Goa Putri di Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.-Milya Purnamasari-instagram.com/@milya_purnamasari

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sumatera Selatan tidak hanya terkenal akan banyaknya wisata alam yang mempesona seperti salah satunya air terjun. Ternyata daerah ini juga menyimpan pesona alam yang memiliki kaitannya dengan berbagai cerita mitos atau legenda, salah satunya Goa Putri yang terletak di Desa Padang Bindu di Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Letak Goa Putri ini tepat berada di Bukit Barisan yang berada di Desa Padang Bindu. Goa Putri ini mempunyai Panjang sekitar 159 meter dengan lebar mencapai 8-20 meter serta ketinggian mencapai 20 meter. Di dalam Goa Putri ini juga terdapat sungai yang mengalir dengan deras serta air yang jernih. Sungai tersebut bernama Sungai Semuhun, merupakan anak dari Sungai Ogan yang airnya mengalir dari arah barat ke arah timur. Goa Putri ini merupakan sebuah gua eksotis di mana letaknya sejauh 35 meter jika diukur dari Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Goa Putri ini sering dikaitkan dengan legenda atau cerita rakyat Si Pahit Lidah, karena konon katanya gua ini terbentuk dari kutukan Si Pahit Lidah. Seperti yang kita ketahui bahwasanya cerita Si Pahit Lidah ini berasal dari Sumatera Selatan. Dalam cerita terdapat seorang tokoh sakti Si Pahit Lidah yang setiap ucapannya dapat berubah jadi sebuah kenyataan. Pada zaman dahulu hidup seorang gadis cantik, seorang selir dari Prabu Amir Rasyid penguasa Kerajaan Ogan yang Bernama Dayang Merindu.

Pada saat pagi hari ketika Dayang Merindu sedang mandi di muara Sungai Semuhun, Si Pahit Lidah melintas. Melihat kecantikan alami yang terpancar dari diri Putri Dayang Merindu, timbul keinginan Si Pahit Lidah untuk menyapanya. Sayangnya, keberadaan Si Pahit Lidah ini sedikitpun tidak dipedulikan oleh Dayang Merindu. Karena merasa tidak dipedulikan, Si Pahit Lidah merasa kesal dan mengatakan “Sombong sekali gadis ini, terkutuklah menjadi sebuah batu.” Dan benar saja, seketika Dayang Merindu membeku dan berubah menjadi sebuah batu.

BACA JUGA:Asal Usul Suku Basemah yang Menyimpan Banyak Sejarah

BACA JUGA:Gedung Bersejarah Rusak Parah, Tuntutan Gedung Kesenian Palembang Kian Menguat

Tidak hanya sampai di situ, Si Pahit Lidah akhirnya datang mengunjungi sebuah desa di mana Dayang Merindu tinggal. Sesampainya di desa tersebut, ia sangat heran karena suasana di desa itu tampak sangatlah sepi. Si Pahit Lidah ini pun akhirnya bergumam “sepi sekali desa ini, tak ubahnya menjadi sebuah gua.” Ajaibnya, desa itupun berubah menjadi sebuah gua.

Banyak masyarakat meyakini bahwasanya bagian sungai yang terletak di dalam gua ini merupakan tempat pemandian para putri kerajaan. Mereka juga meyakini bahwa mandi menggunakan air sungai ini dapat menjadikan kita terlihat awet muda. Tak heran jika banyak pengunjung yang mandi atau sekedar membasuh muka ketika mengunjungi Goa Putri ini.

Berbagai hal menarik dapat ditemukan di Goa Putri, seperti pengunjung dapat mendengar suara aliran sungai di bagian dalam temaram dan berhawa sejuk yang biasanya mengiringi selama perjalanan. Pengunjung juga disarankan untuk mengetuk pintu gua sebanyak tiga kali saat akan masuk, yang menandakan pengunjung memberi salam untuk para leluhur yang berada di dalam sana.

Tatanan batu yang terdapat di bagian dalam Goa Putri ini sangatlah menarik perhatian. Bentuk dari bebatuan tersebut alami menyerupai tempat peristirahatan, perdapuran untuk memasak, singgasana, dan terdapat pembaringan Dayang Merindu yang bagian bawahnya terdapat aliran dari Sungai Semuhun. Tidak hanya itu saja, di bagian ujung Goa Putri ini terdapat gua lain yang bernama Goa Penjagaan. Di sisi kiri dari Goa Penjagaan ini terdapat dua batu dengan bongkahan menyerupai dua ekor harimau. Konon katanya, kedua harimau ini merupakan penjaga sang putri saat sedang mandi.* (Nabilla Imandha, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber