Menikmati Suasana di Goa Pindul, Gunung Kidul

Menikmati Suasana di Goa Pindul, Gunung Kidul

Menikmati Suasana di Goa Pindul, Gunung Kidul--Foto : Instagram@talchasultanik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Mengambil cuti beberapa kali dalam setahun tentu bukan masalah, bahkan hal ini sangat bermanfaat untuk kesehatan mental kita agar terhindar dari stres akibat pekerjaan.

Untuk berlibur, kita tidak selalu harus pergi jauh. Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang indah dan menyenangkan yang layak untuk dikunjungi.

Bagi Anda yang sering berlibur ke Yogyakarta, pasti sudah tidak asing lagi dengan Goa Pindul. Goa ini merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Jogja yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Bahkan, Goa Pindul telah menjadi ikon pariwisata di Gunung Kidul.

Wisata Goa Pindul menawarkan kegiatan yang memacu adrenalin seperti cave tubing dan pemandangan stalaktit serta stalagmit yang memukau saat Anda menjelajahi goa ini. Pengalaman ini pasti akan menjadi momen yang tak terlupakan.

BACA JUGA:Menelusuri Keunikan Goa Gajah Ubud Gianyar: Destinasi Penuh Sejarah dan Keajaiban Alam

Jika Anda belum tahu lokasinya, Goa Pindul terletak di desa Gelaran 1, kelurahan Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. berjarak  7 km dari pusat kota Wonosari, kota dari Kabupaten Gunung Kidul. Dari Yogyakarta, perjalanan ke Goa Pindul dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, mulailah perjalanan dari Yogyakarta dan ikuti jalur yang searah dengan KDS Fun dan Bukit Bintang. Teruslah ikuti jalan utama hingga melewati Tleseh dan Taman Hutan Rakyat. Anda akan menemui pertigaan Gading, kemudian ambil jalur yang mengarah ke Wonosari.

Anda akan sampai di tugu batas kota, lalu melanjutkan perjalanan hingga menemukan bundaran Sinoyo. Dari sini, Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat untuk petunjuk lebih lanjut menuju Goa Pindul.

Jika Anda menggunakan transportasi umum, dari Yogyakarta naiklah bus menuju terminal Giwangan. Setelah itu, naik bus lagi menuju Wonosari dan turun di perempatan Grogol. Dari sini, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek hingga tiba di lokasi Goa Pindul.

BACA JUGA:Goa Kontamale: Destinasi Wisata Air Tersembunyi di Wakatobi yang Memikat Hati

Harga tiket masuk ke kawasan Goa Pindul sangat terjangkau. Untuk memasuki kawasan ini, Anda hanya perlu membayar Rp10.000 per orang. Sedangkan untuk memasuki objek wisata Goa Pindul sendiri, tiketnya seharga Rp35.000 per orang. Jadi, total biaya yang diperlukan untuk masuk ke Goa Pindul adalah Rp45.000 per orang.

Namun, harga ini tidak termasuk fasilitas tambahan seperti baju pelampung dan pemandu untuk kegiatan rafting. Jadi, jika Anda ingin mengikuti kegiatan tersebut, pastikan Anda menyiapkan biaya ekstra untuk menyewa peralatan dan jasa pemandu.

Perlu diingat bahwa harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola tempat wisata. Jadi, jangan kaget jika saat Anda tiba di lokasi, harga tiket berbeda dengan yang Anda ketahui sebelumnya.

Agar Anda bisa menikmati waktu di Goa Pindul secara maksimal, penting untuk mengetahui jam operasionalnya. Tempat wisata ini buka setiap hari dari jam 06.30 hingga 17.00 WIB. Anda bisa datang kapan saja sesuai dengan jadwal dan keperluan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber