Bunga Thunbergia Putih, Tanaman Rambat yang Cantik Menarik Serangga dan Bermanfaat bagi Kesehatan

Bunga Thunbergia Putih, Tanaman Rambat yang Cantik Menarik Serangga dan Bermanfaat bagi Kesehatan

Bunga Thunbergia Putih (Thunbergia Grandiflora Alba) adalah tanaman rambat anggun yang berasal dari wilayah tropis Asia Tenggara.-Leny Ganda-Koleksi pribadi

Beberapa bagian dari bunga Thunbergia Putih telah digunakan dalam pengobatan tradisional. Daun dan bunganya diketahui memiliki kandungan senyawa aktif yang memiliki potensi sebagai obat herbal. 

Ekstrak daunnya diketahui memiliki sifat antiinflamasi, antidiabetes, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Kipas Angin: Pencipta Angin Sejuk Idola di Hari yang Panas

BACA JUGA:Pernakah Anda Mengalami Tindihan Saat Tidur? Berikut Faktanya dalam Kacamata Medis!

Selain itu, manfaat lainnya adalah ekstrak bunga Thunbergia Putih sering digunakan dalam industri kosmetik sebagai bahan untuk produk perawatan kulit dan rambut. 

2. Pengendali Erosi Tanah

Tanaman rambat seperti bunga Thunbergia Putih dapat membantu mengendalikan erosi tanah di area yang rawan terhadap abrasi tanah. 

Akar yang kuat dan lebat dari tanaman ini membantu menjaga struktur tanah dan mencegahnya tererosi oleh air hujan dan angin.

BACA JUGA:Teman Tidak Ada Uang Apa yang Harus Kita Lakukan

BACA JUGA:Arti Sebuah Kunci : Simbol Kehidupan Manusia

3. Menarik Serangga Penyerbuk

Bunga Thunbergia Putih adalah sumber daya penting bagi serangga penyerbuk, seperti lebah dan kupu-kupu. Mekarnya bunga ini memberikan sumber nektar dan polen yang kaya nutrisi, membantu mendukung keanekaragaman hayati dan membantu dalam proses penyerbukan tanaman lain di sekitarnya. 

4. Menarik Serangga Pemangsa Hama

Selain menarik serangga penyerbuk, tanaman ini juga dapat menarik serangga pemangsa hama yang membantu mengendalikan populasi hama tanaman lain di sekitarnya.

BACA JUGA:5 Masalah Seseorang Alami Gangguan Kepribadian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber