Agrowisata dan Pembangunan Kawasan Perdesaan Berbasis Rakyat

Agrowisata dan Pembangunan Kawasan Perdesaan Berbasis Rakyat

Wisata air di Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten OKU.-Ari Pranika-paltv.co.id

OKU, PALTV.CO.ID - Perdesaan di Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) akan dibangun menjadi kawasan Desa Agrowisata berbasis masyarakat. Desa Agrowisata ini juga akan terkoneksi sampai ke kawasan Kecamatan Muara Jaya dan Semidang Aji yang memiliki potensi tanaman kebun buah durian milik rakyat.

Menurut Pj Bupati OKU Teddy Meilwansyah, dipilihnya Kecamatan Ulu Ogan menjadi kawasan Desa Agrowisata karena memiliki potensi yang cukup tinggi, baik dalam bidang pariwisata dan ditunjang pula oleh lahan perkebunan kopi terbesar di Kabupaten OKU.

“Kami melihat potensi di Ulu Ogan itu luar biasa banyak. Mulai dari perkebunan, wisata dan lain-lain. Nah ini perlu kita angkat. Dan hebatnya lagi wisata ini, potensi ini, tumbuhnya bukan dari atas ke bawah, tapi dari bawah ke atas. Ini memang sudah digerakkan oleh masyarakat. Kami Pemerintah OKU hanya memfasilitasi mereka, mengarahkan mereka, mendampingi mereka supaya itu menjadi kawasan wisata terintegrasi dengan yang ada di Kabupaten OKU,” jelas Teddy.

Teddy mengajak, agar kawasan Desa Agrowisata ini terwujud maksimal, perlu dukungan peran aktif masyarakat. Mulai dari menjaga kamtibmas dan lingkungan, terutama menjaga sumber daya alam dan hasil kebun. Misalnya di Kecamatan Muara Jaya dan Semidang Aji yang memiliki tanaman buah durian milik rakyat.

BACA JUGA:8 Tahun Aldo Hidup Tanpa Anus, PJ Bupati OKU Bantu Biaya Operasi

BACA JUGA:Usulkan Rerata Bipih Rp69 Juta per Jemaah Haji, Ini Alasan Menag


Memetik buah kopi.-Ari Pranika-paltv.co.id

Keberadaan kebun durian milik rakyat harus dijaga dan dilestarikan. Dengan demikian, Desa Agrowisata nantinya tidak hanya mengandalkan objek wisata, melainkan hasil alam yang akan menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Dikatakan Teddy, gol dari kawasan Desa Agrowisata berbasis rakyat ini akan berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat desa itu sendiri.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id