Anda Mengalami Cemas Berlebih? Ini Tanda dan Gejala Pengidap Anxiety Disorder

Anda Mengalami Cemas Berlebih? Ini Tanda dan Gejala Pengidap Anxiety Disorder

Ilustrasi mengalami anxiety disorder.--pixabay.com/mprietou

- Sulit tidur

BACA JUGA:Keren! Inilah 3 Fakta Menarik Negara Malaysia dengan Menara Kembarnya

Rasa cemas merupakan hal yang umum. Namun jika rasa cemas tersebut sudah tidak dapat dikontrol lagi dalam artian tidak wajar, yang mengakibatkan rasa takut tanpa sebab, kemungkinan anda telah terkena anxiety disorder atau gangguan kecemasan. Dikutip dari sumber lain, berikut tanda-tanda pengidap anxiety disorder:

1. Sering panik 

Jika seseorang mengalami rasa panik yang mendadak tanpa tahu asal muasal kepanikannya itu, bisa jadi orang itu sedang mengalami anxiety disorder. Salah satu tanda dari ganguan kecemasan itu adalah serangan panik. Serangan panik ini disertai dengan detak jantung yang lebih kencang, berkeringat dingin, serta nyeri di bagian dada dan perut. Hal ini bisa terjadi berulang kali dalam jangka waktu tertentu.

2. Sulit untuk tidur

BACA JUGA:Langkah Menulis Lagu Bagi Pemula

Umumnya sulit tidur biasanya dihubungkan dengan keadan fisik atau mental yang sedang tidak baik-baik saja atau sedang sakit. Stres, tertekan, cemas, dan depresi juga merupakan salah satu penyebab sulitnya tidur bagi seseorang. Namun jika seseorang merasakan perasaan khawatir berlebihan dan tidak tahu apa penyebabnya hingga mengakibatkan orang tersebut tidak bisa tidur hingga berhari-hari, bisa jadi orang itu sedang mengidap anxiety disorder.

3. Rasa takut yang tidak biasa

Rasa takut merupakan hal lumrah yang dimiliki manusia. Misalnya saja rasa takut pada sesuatu benda, hewan, kejadian, takut ketinggian, dan lain sebagainya. Namun jika rasa takut itu sudah tidak wajar seperti halnya fobia, fobia membuat seseorang takut dan cemas secara berlebihan terhadap sesuatu hal.

4. Trauma

BACA JUGA:5 Penyakit Akibat Batuk Berdahak yang Perlu Anda Ketahui

Anxiety disorder sering ditandai dengan rasa trauma mendalam yang pernah dirasakannya di masa lalu. Pada dasarnya para pengidap akan berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari semua hal yang akan membuat kejadian di masa lalunya itu terulang lagi untuk yang kesekian kalinya.

5. Tegangnya otot di beberapa bagian tubuh

Umumnya tanda-tanda ini tidaklah disadari oleh seseorang yang mengidap anxiety disorder hingga beberapa waktu kemudian. Hal ini merupakan salah satu cara bagi mereka untuk menghindari atau mengontrol rasa cemas tersebut. Misalnya saja tegang pada otot rahang dan seringnya mengepalkan tangan hingga gemetar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber