Anda Mengalami Cemas Berlebih? Ini Tanda dan Gejala Pengidap Anxiety Disorder

Anda Mengalami Cemas Berlebih? Ini Tanda dan Gejala Pengidap Anxiety Disorder

Ilustrasi mengalami anxiety disorder.--pixabay.com/mprietou

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Perasaan cemas atau anxiety merupakan hal yang sangat manusiawi. Perasaan cemas pada umumnya berupa perasaan gugup, jantung berdebar lebih kencang, mekanisme pernapasan lebih cepat, berkeringat, sulit berkonsentrasi, dan lainnya.

Anxiety dan anxiety disorder merupakan hal yang berbeda. Rasa cemas atau anxiety bisa dikatakan normal jika masih bisa dikendalikan dengan cara menghilangkan rasa cemas dengan mengatasi sumber kecemasan tersebut. Namun jika rasa cemas tidak dapat dikendalikan bahkan semakin memburuk, maka anxiety tersebut telah menjadi gangguan kecemasan atau anxiety disorder.

Beberapa Gejala Anxiety Normal dan Tidak Normal

Rasa cemas pada umumnya dapat dirasakan oleh siapapun itu tak terkecuali anak kecil maupun lansia sekalipun. Terutama ketika seseorang sedang mengahadapi bahaya, bahkan seseorang yang sedang berbohong akan menujukkan rasa cemas.

BACA JUGA:Girlgroup Korea AESPA Comeback Our 3rd Mini Album

Salah satu situasi yang dapat menimbulkan rasa cemas yaitu menunggu chat dari dosen pembimbing skripsi dan menunggu pembagian raport kenaikan kelas. Tidak hanya itu, ketika kita melakukan kegiatan atau pekerjaan yang baru kita akan merasakan perasaan cemas itu.

Mengutip dari alodokter.com, seseorang yang mengalami anxiety normal akan mengalami beberapa hal pada situasi tertentu. Misalnya saja saat berada dalam situasi yang berbahaya atau sesuatu hal yang akan mengganggu ketenangan. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

- Detak jantung menjadi lebih cepat

- Merasakan lemas

BACA JUGA:Menyedihkan, Episode Terakhir Spongebob Meninggal Viral di TikTok

- Tegang, gugup dan gelisah

- Merasakan gemetar

- Berkeringat

- Sulit Fokus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber