5 Penyakit Akibat Batuk Berdahak yang Perlu Anda Ketahui

5 Penyakit Akibat Batuk Berdahak yang Perlu Anda Ketahui

Ilustrasi terkena serangan batuk berdahak.-pheelings-media-pixabay.com/pheelings-media

PALEMBANG PALTV.CO.ID - Batuk berdahak merupakan salah satu jenis Batuk yang memiliki ciri dengan lendir dan terasa mengganjal di bagian tenggorokan. Namun, jenis Batuk ini dapat sembuh dengan sendirinya.

Apabila batuk berdahak tidak kunjung membaik juga, kemungkinan dapat disebabkan oleh beberapa faktor kesehatan. Berikut ini lima jenis penyakit yang ditandai dengan batuk berdahak yang tak kunjung membaik.

1. Tuberkulosis (TBC)

Penyakit yang ditandai dengan batuk berdahak adalah tuberkulosis atau TBC. Tuberkulosis merupakan jenis penyakit saluran nafas dengan ditandai oleh gejala batuk berdahak kronis. Mycobacterium menjadi penyebab terkena tuberculosis. Penyakit tersebut masuk ke dalam aliran darah dan kelenjar getah bening. Bagi Anda yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, kondisi tersebut sangat rentan menyerang.

BACA JUGA:Hei Kamu Pengidap Insomnia, Begini Cara Tidur Cepat dan Nyenyak

BACA JUGA:Guru Honorer Lega Mendapat Dukungan dan Prioritas Pemkab OKU

2. Alergi

Selain tuberculosis, penyakit yang ditandai dengan batuk berdahak berikutnya ialah karena alergi.  Apabila Anda membiarkan kondisi ini berlarut-larut, maka dapat mengembangkan infeksi sinus kronis.  Apabila batuk berdahak tersebut disertai dengan rasa gatal, hidung meler, hidung dan mata berair, dan hidung tersumbat, kemungkinan besar Anda terkena alergi. Antihistamin dan steroid hidung menjadi salah satu obat batuk yang disebabkan alergi.

3. Asam lambung

Penyakit yang ditandai dengan batuk berdahak berikutnya adalah asam lambung. Salah satu pemicu asam lambung ialah batuk berdahak. Jika batuk yang Anda rasakan tidak kunjung membaik dan sering disertai dengan rasa mulas. Hal tersebut menjadi faktor mengidap penyakit asam lambung.

BACA JUGA:Ikan Gabus Hias, Indah Tapi Tak Bisa Dibuat Pempek

BACA JUGA:Hingga 9 Mei 2023, Belum Ada Parpol di Muba yang Daftarkan Calegnya

4. Asma

Selain asam lambung, penyakit yang ditandai dengan batuk berdahak selanjutnya adalah asma. Penyakit asma tidak selalu ditandai dengan mengi. Pengidap penyakit asma juga dapat ditandai oleh batuk berdahak tanpa mengi. Apabila batuk yang anda rasakan tidak kunjung membaik, maka sebaiknya langsung periksakan ke dokter untuk diidentifikasi lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: momsmoney.id