Keren! Inilah 3 Fakta Menarik Negara Malaysia dengan Menara Kembarnya

Keren! Inilah 3 Fakta Menarik Negara Malaysia dengan Menara Kembarnya

Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia.-Peter Nguyen-pixabay.com/peterng1618

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Negara kita Indonesia seperti yang kita ketahui berbatasan langsung dengan tiga Negara tetangga yakni Malaysia, Timor Leste dan Papua Nugini. Negara Malaysia merupakan salah satu Negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Indonesia yang mempunyai wilayah dengan luas mencapai 329.847 km2.

Negara Malaysia juga mempunyai letak geografis yang cukup strategis sama seperti negara Indonesia, yakni sebagai titik perdagangan maritim utama di dunia. Ibu kota negara Malaysia ini terletak di Kuala Lumpur yang memiliki ikon menarik yaitu Menara Kembar Petronas atau sering disebut Twin Tower.

Negara Malaysia terdiri dari dua wilayah besar, yakni Malaysia Timur dan Malaysia Barat. Malaysia Timur letaknya tepat berada di bagian utara Pulau Kalimantan dan Malaysia Barat letaknya tepat berada di Semenanjung Malaka. Kedua wilayah ini letaknya dipisahkan oleh Laut Cina Selatan dan juga terbagi atas 13 negara bagian.

Perlu kalian ketahui bahwasanya Malaysia Timur ini terbagi atas dua bagian yakni terdiri dari Serawak dan juga Sabah. Sedangkan Malaysia Barat terdiri atas 11 negara bagian yaitu Trengganu, Johor, Malaka, Kelantan, Kedah, Perak, Selangor, Negeri Sembilan, Penang, Perlis, dan yang terakhir Pahang. Adapun beberapa fakta menarik negara Malaysia yang belum diketahui banyak orang, simak ulasannya berikut.

BACA JUGA:5 Penyakit Akibat Batuk Berdahak yang Perlu Anda Ketahui

BACA JUGA:Hei Kamu Pengidap Insomnia, Begini Cara Tidur Cepat dan Nyenyak

Fakta unik pertama ialah bendera Malaysia ini dibuat oleh seorang arsitek Departemen Pekerjaan Umum yang berusia 29 tahun pada 1963, yakni Mohammad Hamzah. Mohammad Hamzah ini memenangkan sayembara yang diadakan guna merancang bendera baru setelah terbentuknya Federasi Malaya untuk menggantikan Persatuan Malaya.

Fakta unik kedua ialah Malaysia ini merupakan kesultanan tertua di dunia. Malaysia berdiri dengan 9 kesultanan ataupun diperintah oleh Sultan serta empat negara bagian yang pemerintahannya dilakukan oleh Yang Dipertuan Negeri atau dalam bahasa Indonesia disebut Gubernur.

Adapun 9 kesultanan Malaysia terdiri dari Johor, Kedah, Selangor, Negeri Sembilan, Kelantan, Perak, Pahang, Trengganu dan juga Perlis.

Fakta unik ketiga ialah zona waktu berubah delapan kali. Adapun penyesuaian zona waktu pertama kali dilakukan oleh negara Malaysia yang terjadi sekitar tahun 1932, tepatnya pada saat waktu dimajukan 20 menit gunanya untuk memperpanjang siang hari. Pada tahun 1941, waktu dipercepat kembali dengan mengikuti waktu Tokyo. Dan pada akhirnya pada tahun 1945, Malaysia kembali ke waktu yang sebelumnya dipakai pada tahun 1941.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber