Langkah Menulis Lagu Bagi Pemula

Langkah Menulis Lagu Bagi Pemula

Selain hanya menikmati lagu, kita bisa mulai untuk menciptakan lagu sendiri untuk meningkatkan kretivitas dan menuangkannya.-Steve Buissinne-Pixabay.com/stevepb

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Musik merupakan serangkaian nada yang tersusun dalam suatu harmoni yang teratur. Mengutip dari pernyataan Hardjana (2003:111) “Musik adalah permainan waktu dengan mengadopsi bunyi sebagai materinya.”

Bagi penikmatnya, musik menjadi sarana untuk mengekspresikan suasana diri. Jika dalam keadaan kelam, biasanya mendengarkan lagu bernuansa sedih. Begitupun sebaliknya jika dalam keadaan bahagia akan mendengarkan lagu yang ceria.

Sebagai penggiat musik baik pencipta maupun yang menyanyikan, dituntut untuk bisa menyampaikan isi pesan dari lirik lagu.

Selain hanya menikmati lagu, kita bisa mulai untuk menciptakan lagu sendiri untuk meningkatkan kreativitas dan menuangkannya. Berikut ini langkah-langkah dalam menulis lagu, yaitu:

BACA JUGA:Hei Kamu Pengidap Insomnia, Begini Cara Tidur Cepat dan Nyenyak

BACA JUGA:Ikan Gabus Hias, Indah Tapi Tak Bisa Dibuat Pempek

1. Mencari Inspirasi

Dalam menulis lagu, kita harus mencari inspirasi dan motivasi akan pesan dalam lirik yang akan disampaikan. Inspirasi dapat diraup dari kehidupan sehari-hari, misalnya hubungan asmara.

2. Menyusun Lirik

Pemilihan kata atau kalimat dalam lirik lagu kita sesuaikan dengan runtutan peristiwa atau suasana hati yang dirasakan. Melalui puisi juga bisa dikembangkan menjadi sebuah lagu. Contohnya lagu "Berita Kepada Kawan" merupakan puisi karangan Ebit G Ade yang ia musikalisasikan.

BACA JUGA:Hingga 9 Mei 2023, Belum Ada Parpol di Muba yang Daftarkan Calegnya

BACA JUGA:Cuaca Panas, Warga Cari Pemandian Hingga ke Sungai Pijar di Muara Enim

Dalam menulis lirik, kita juga harus memperhatikan unsur kebahasaan yang digunakan. Misalnya untuk lagu bernuansa nasionalis menggunakan bahasa yang baku. Dalam menulis lagu religi mengandung unsur nilai religius, dan dalam lirik lagu berbau asmara mengandung kalimat-kalimat asmara.

3. Membuat Aransemen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: