Anda Mengalami Cemas Berlebih? Ini Tanda dan Gejala Pengidap Anxiety Disorder

Anda Mengalami Cemas Berlebih? Ini Tanda dan Gejala Pengidap Anxiety Disorder

Ilustrasi mengalami anxiety disorder.--pixabay.com/mprietou

Jenis Anxiety Disorder yang Perlu Diketahui

BACA JUGA:Hei Kamu Pengidap Insomnia, Begini Cara Tidur Cepat dan Nyenyak

Berikut ini jenis-jenis anxiety disorder yang perlu kita ketahui:

1. Generalized anxiety disorder (gangguan kecemasan umum)

Cemas secara terus menerus terhadap sesuatu hal misalnya kesehatan, pekerjaan hingga pada hal-hal dalam kehidupan sehari-hari. Kecemasan umum ini dapat menetap dan dirasakan setiap hari selama enam bulan.

2. Fobia

BACA JUGA:Guru Honorer Lega Mendapat Dukungan dan Prioritas Pemkab OKU

Seseorang dengan Fobia bisa merasakan serangan cemas dan takut secara mendadak ketika melihat benda atau hal tertentu. Maka dari itu seseorang dengan rasa fobia akan memilih menghindari semua hal yang bersangkutan dengan fobianya.

3. Social anxiety disorder (gangguan kecemasan sosial)

Orang dengan gangguan kecemasan ini umumnya memliki rasa takut dan cemas ketika harus berinteraksi dengan makhluk sosial lainnya, sehingga mereka memilih menjauhi segala hal yang berkaitan dengan hal yang berbau sosial.

4. PTSD (Post Traumatic Stres Disorder)

BACA JUGA:Ikan Gabus Hias, Indah Tapi Tak Bisa Dibuat Pempek

Orang dengan gangguan ini biasanya memiliki trauma berat yang terjadi di masa lalunya seperti kekerasan seksual atau yang lainnya. Orang dengan gangguan ini biasanya akan susah untuk melupakan semua hal yang membuat dia trauma, sehingga membuat dia memiliki rasa bersalah ataupun rasa takut yang berlebih sehingga bisa membuatnya depresi.

5. Gangguan panik

Pengidap gangguan ini sering merasakan serangan panik secara tiba-tiba kapanpun dan di manapun. Ketika serangan panik menyerang, pengidap akan dapat merasakan gejala lain seperti jantung berdebar-debar, keringat dingin, sesak napas, pusing, gemetar, dan lemas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber