Candi Hindu-Buddha di Indonesia, Ada yang Masuk UNESCO Sebagai Situs Warisan Dunia

Candi Hindu-Buddha di Indonesia, Ada yang Masuk UNESCO Sebagai Situs Warisan Dunia

Candi Hindu-Buddha di Indonesia, Ada yang Masuk UNESCO Sebagai Situs Warisan Dunia --Foto : – Instagram/@wisata tulungagung

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Candi-candi Hindu dan Budha di Indonesia menjadi bukti megahnya peradaban dan kebijaksanaan nenek moyang kita. Keberadaan candi ini, seperti Borobudur dan Prambanan mencerminkan ketinggian spiritual dan keahlian arsitektural pada masa lalu. 

Bangsa Indonesia, dengan kearifan warisan Hindu Budha, membuktikan bahwa kemajuan dan toleransi telah mengakar dalam sejarah kita. Pengakuan UNESCO terhadap keindahan dan nilai sejarah candi-candi ini adalah prestasi luar biasa yang mengangkat martabat Indonesia di mata dunia.

Warisan ini bukan hanya milik kita sendiri, tetapi juga menjadi warisan dunia yang perlu dijaga dan dilestarikan untuk generasi mendatang.

Candi Agama Hindu Budha di Indonesia merupakan bukti sejarah bahwa bangsa kita adalah bangsa yang maju. Sebagai generasi kita mempunyai kewajiban untuk memahami sejarah sebagai bagian dari upaya kita melestarikan budaya Indonesia.

BACA JUGA:Wow, Jangan Hanya Tahu Candi Prambanan dan Borobudur, Inilah 14 candi yang Terdapat di Indonesia

Kita mungkin telah belajar mengenai bait suci sejak sekolah dasar. Artinya kita perlu mengetahui sejarah kita sedini mungkin agar nilai budaya sejarah bangsa kita tidak hilang ke generasi muda. 

Berikut ini adalah daftar sejarah, ciri-ciri Candi Hindu-Budha di Indonesia:

1. Candi Sanggrahan - Tulungagung, Jawa Timur

Dikenal juga dengan nama Candi Sangrahan atau Candi Kungkup, Pura ini terletak di Desa Sangrahan, Kecamatan Boyolangu, Daerah Turung Agung, Jawa Timur. Bangunan Sangrahansa berada dua lantai di bawah candi, berbentuk persegi dan menghadap ke barat. Candi Sangrahansa juga mempunyai relief rusa dan singa dengan telinga lebar yang dipahat pada delapan panel menghadap.

BACA JUGA:Menyusuri Sungai Progo dengan Getek Bambu: Pengalaman Alternatif Wisata di Sekitar Candi

 

2. Candi Sojiwan - Klaten, Jawa Tengah

Candi Sojiwan terletak di Desa Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan. Meski terletak di kawasan Prambanan, Candi Sojiwansa masih merupakan candi Budha. Keunikan Candi Sojiwansa terlihat pada relief pada bangunan yang menggambarkan cerita binatang.

Selain itu, Kuil Sojiwansa menawarkan kesempatan berfoto yang menarik dimana para pejabat hanya bisa mengambil foto yang bagus bersama keluarganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber