Candi Hindu-Buddha di Indonesia, Ada yang Masuk UNESCO Sebagai Situs Warisan Dunia

Candi Hindu-Buddha di Indonesia, Ada yang Masuk UNESCO Sebagai Situs Warisan Dunia

Candi Hindu-Buddha di Indonesia, Ada yang Masuk UNESCO Sebagai Situs Warisan Dunia --Foto : – Instagram/@wisata tulungagung

10. Candi Cetho – Karanganyar, Jawa Tengah

Candi Hindu di Indonesia berikutnya adalah Candi Cetho yang diyakini dibangun pada akhir Dinasti Majapahit. Pura ini merupakan tempat peribadatan dan tempat ziarah bagi umat Hindu. Penganut agama Jawa sering menggunakan Candi Cetho sebagai tempat peribadatan.

 

11. Candi Sukuh – Karanganyar, Jawa Tengah

Sekilas, candi Hindu ini tampak seperti piramida. Selain tampilannya yang unik, candi ini juga sangat menarik karena tipe sosok manusia yang terlihat pada relief dan patung candi Suku. Pada tahun 1995, reruntuhan candi Sukus dicantumkan di UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

BACA JUGA:Misteri Danau Merah Rimba Candi

 

12. Candi Arca Gupolo – Sleman, Yogyakarta

Berbeda dengan candi Hindu, Polosang Tua merupakan peninggalan budaya Hindu dengan tujuh arca yang berkumpul. Nama Gupolo sendiri diberikan oleh penduduk setempat kepada salah satu berhala di tempat tersebut, yaitu berhala Agastya.Inilah mata air jernih yang tak pernah kering meski di musim kemarau.

 

13. Candi Jago – Malang, Jawa Timur

Menurut keterangan dalam buku Negarakertagama dan Pararaton, Candi Jajag pada awalnya bernama Jajaghu yang berarti "keagungan", dan dipersembahkan kepada Raja Srijaya Wisnuwardhana. Ajaran Hindu dan Budha.Di candi yang terbuat dari batu andesit ini, terlihat relief Kunjarakarna dan Pancatantra.

BACA JUGA:Ini 6 Tempat yang cantik memikat wisatawan di Bali wajib dikunjungi!


Candi Jago – Malang, Jawa Timur --Foto : Instagram/@afifa_imani

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber