Candi Hindu-Buddha di Indonesia, Ada yang Masuk UNESCO Sebagai Situs Warisan Dunia

Candi Hindu-Buddha di Indonesia, Ada yang Masuk UNESCO Sebagai Situs Warisan Dunia

Candi Hindu-Buddha di Indonesia, Ada yang Masuk UNESCO Sebagai Situs Warisan Dunia --Foto : – Instagram/@wisata tulungagung

Nama Pura Hindu ini diambil dari lokasinya yang berada di Bukit Wukir. Sebaliknya, Candi Gunung Wukir dikenal dengan nama Candi Cangkal atau Candi Shiwalingga. Candi ini dibangun pada tahun 732 pada masa pemerintahan Raja Sanjaya pada masa Kerajaan Mataram kuno.

 

7. Candi Gunung Sari – Magelang, Jawa Tengah

Candi Hindu Siwa inilah yang menjadi tempat ditemukannya prasasti Canggal. Candi Gunung Sari diyakini berasal dari abad ke-6 hingga ke-8 dan merupakan bangunan tertua di Pulau Jawa, lebih tua dari Candi Borobudur dan Prambanan.

BACA JUGA:Candi Borobudur, Keajaiban Arsitektur Budaya Leluhur Indonesia


Candi Gunung Sari – Magelang, Jawa Tengah--Foto : Instagram/@meuzprast

 

8. Candi Cangkuang – Garut, Jawa Barat

Satu-satunya candi yang Toppers temukan di Negeri Sunda adalah Candi Cangkuang. Selain arca Dewa Siwa yang menunjukkan bahwa candi ini bercorak Hindu, di candi tersebut juga terdapat makam Arif Muhammad yang dianggap sebagai nenek moyang masyarakat setempat.

 

9. Candi Penataran – Blitar, Jawa Timur

Candi Penataran merupakan candi Hindu terbesar di Jawa Timur yang dibangun pada masa Dinasti Kediri. Menurut informasi dari teks Palah, candi tersebut diyakini dibangun dengan nama Candi Palah pada tahun 1194 oleh Raja Çrnga (Syrenggra) dengan gelar Sri Maharaja Sri Sarweqwara Triwikramawataranindita Çrengalcana Digwijayottungadewa.

Awalnya candi ini dibangun sebagai tempat ibadah untuk melindungi dari bahaya Gunung Kelud yang banyak mengalami letusan pada saat itu.

BACA JUGA:Cerita Mistis di Indonesia: Jalur Pasar Setan Candi Ceto di Gunung Lawu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber