Candi Hindu-Buddha di Indonesia, Ada yang Masuk UNESCO Sebagai Situs Warisan Dunia

Candi Hindu-Buddha di Indonesia, Ada yang Masuk UNESCO Sebagai Situs Warisan Dunia

Candi Hindu-Buddha di Indonesia, Ada yang Masuk UNESCO Sebagai Situs Warisan Dunia --Foto : – Instagram/@wisata tulungagung

14. Candi Gedong Songo – Semarang, Jawa Tengah

Candi Gedong Songo yang ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804 merupakan candi Hindu peninggalan Dinasti Syailendra pada abad ke 9 tepatnya tahun 927. Kompleks candi terdiri dari sembilan candi yang tersebar di bawah Gunung Ungaran, sekitar 1200 meter di atas permukaan laut. tingkat.

 

15. Candi Dieng – Wonosobo, Jawa Tengah

Candi Dieng yang terletak di Gunung Dieng merupakan candi Hindu yang didedikasikan untuk Siwa dan dibangun pada akhir abad ke-8 atau awal abad ke-9.Candi Dieng , Lebar 1,8 Golongan Gatotkaca, Golongan Dwarawati dan Candi Bima.

BACA JUGA: Wisata Tower Jembatan Ampera Dijadwalkan Rampung Akhir Tahun 2024

 

16. Candi Prambanan – Sleman, Yogyakarta

Kompleks Candi Prambanan atau dikenal juga dengan nama Candi Loro Jonggrand merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi.Menurut prasasti Siwagrha, candi ini dibangun oleh Rakai Pikatan sekitar tahun 850 Masehi, yang konon dibangun oleh Balitung Maha Sambu pada masa kerajaan Medang Mataram. 

Menurut teks ini, Candi Prambanan dibangun untuk dipersembahkan kepada Trimurti (tiga dewa utama agama Hindu): Brahma, Wisnu dan Siwa.Karena terlupakan dan hilangnya identitas sejarah, penduduk setempat mulai menciptakan mitos tentang asal usul keberadaan candi di kompleks ini, dan lahirlah cerita rakyat Loro Jongrangdi Bhima.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber