Candi Hindu-Buddha di Indonesia, Ada yang Masuk UNESCO Sebagai Situs Warisan Dunia

Candi Hindu-Buddha di Indonesia, Ada yang Masuk UNESCO Sebagai Situs Warisan Dunia

Candi Hindu-Buddha di Indonesia, Ada yang Masuk UNESCO Sebagai Situs Warisan Dunia --Foto : – Instagram/@wisata tulungagung

 

3. Candi Ngawen - Magelang, Jawa Tengah

Candi Ngawen terletak di Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Kuil ini memiliki lima bangunan yang lebih kecil. Aula utama candi dihiasi dengan patung Buddha tanpa hiasan. Uniknya, keempat sudut kompleks Candi Ngawen diapit oleh patung singa bermotif Hindu senada. Namun stupa dan platform merupakan bagian dari candi, yang menunjukkan bahwa candi tersebut bersifat Budha.

BACA JUGA:Pesona Candi Gedong Songo Perjalanan Keindahan di Tengah Pegunungan Semarang

 

4. Candi Lumbung - Sleman, Yogyakarta

Candi Lumbung terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi Lumbung masuk dalam kawasan Candi Hindu Prambanan, tapi Candi Lumbung termasuk candi Budha ya? 

Saat berkunjung ke Candi Lumbung, kalian bisa menikmati pemandangan candi yang masih terjaga dengan baik.Tempatnya juga dikelilingi pepohonan rindang yang menambah keindahan candi. Selain itu, Candi Lumbung juga unik karena bentuknya seperti gudang, dan candi tersebut kemudian dinamai menurut namanya.

 

5. Candi Sambisari – Sleman, Yogyakarta

Dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan Raja Rakai Garung dari kerajaan Mataram kuno, candi ini ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang petani dari desa Sambisari pada tahun 1966.Saat ditemukan, Candi Sambisarisa berada 6,5 ​​meter di bawah tanah.

Hal tersebut diduga akibat penumpukan lava Gunung Merapi yang meletus pada awal tahun 1100-an dan terlihat dari melimpahnya material vulkanik di sekitar Candi Sambisari.

BACA JUGA:Candi Prambanan Kecantikan dan Eksotisme Batu Candi dan Langit Jogja Yang Mempesona

 

6. Candi Gunung Wukir – Magelang, Jawa Tengah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber