Meriahkan Hari Kemerdekaan RI Ke-78, Yonif 141/AYJP Muara Enim Gelar Lomba Mancing Mania

Meriahkan Hari Kemerdekaan RI Ke-78, Yonif 141/AYJP Muara Enim Gelar Lomba Mancing Mania

Kolam ikan yang berada di area Yonif 141/AYJP digunakan sebagai lokasi lomba memancing para prajurit TNI, Minggu (13/8/2023).--Dokumentasi Yonif 141/AYJP

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Dalam rangka meriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun, Anggota Yonif 141/AYJP menggelar kegiatan Lomba Mancing Mania di kolam Yonif/141 Desa Karang Raja Kecamatan MUARA ENIM Kabupaten MUARA ENIM Provinsi Sumatera Selatan pada hari Minggu, 13 Agustus 2023.

Lomba mancing dihadiri Danyonif 141/AYJP Letkol Inf Arie Prasatyo Widyo Broto SE diwakili Wadan Yonif 141/AYP Mayor Inf Mamiek Prananto Kurniawan, Pabintal Yonif 141/AYJP Lettu Inf Wahidi Arafah, Pasi Intel Lettu Heru Sanyoto, Pratu Yayan Sofyan, dan seluruh prajurit penggemar hobi memancing.

Danyonif 141/AYJP Letkol Inf Arie Prasatyo Widyo Broto diwakili Wadan Yonif 141/AYJP Mayor Inf Mamiek Prananto Kurniawan mengatakan, terkait dengan lomba memancing diikuti oleh seluruh prajurit TNI yang ada di Kabupaten Muara Enim.

Lomba memancing sendiri dipilih karena banyaknya prajurit TNI yang gemar memancing. Selain itu, memancing memiliki filosofi yang kuat untuk membentuk karakter individu prajurit.

BACA JUGA:Besaran Dana Darurat untuk Lajang, Menikah, dan Menikah Punya Anak: Pentingnya Perencanaan Keuangan

"Kita memilih memancing sebagai perlombaan untuk prajurit, karena sebagian besar prajurit di Kompi hobi memancing saat mengisi waktu kosong," ujar Letkol Inf Arie Prasatyo Widyo Broto.

Memancing sebagai bentuk melatih kesabaran para prajurit, dengan kesabaran yang tinggi prajurit TNI bisa menjalani tugas pokoknya bersama masyarakat bahkan saat di medan perang.

"Selain memberikan waktu menikmati hobinya dan menghilangkan penat prajurit, memancing juga bisa melatih individu untuk lebih bersabar. Dengan kesabaran yang terlatih prajurit TNI bisa berpikir yang jernih dalam menghadapi tugas yang mereka emban," terang Letkol Inf Arie Prasatyo Widyo Broto.

Selain lomba memancing, pada puncak peringatan hari kemerdekaan akan ada perlombaan lainnya, seperti tarik tambang, lomba menggendong istri, lomba merias istri, lomba memindahkan batu, dan masih banyak jenis perlombaan lainnya.

BACA JUGA:8 Herbal Ini Efektif untuk Mengatasi Sakit Gigi


Sejumlah prajurit TNI sedang mengikuti lomba memancing di kolam ikan Yonif 141/AYJP, Minggu (13/8/2023).--Dokumentasi Yonif 141/AYJP

Perlombaan ini untuk memeriahkan dan mengusir penat prajurit dengan rutinitas dan latihan. Selain untuk hiburan seluruh jenis perlombaan diharapkan bisa memberikan makna bagi diri prajurit, akan artinya perjuangan yang telah dilakukan oleh para pendahulu.

"Prajurit juga butuh hiburan dan kali ini dilakukan juga untuk kemeriahan Hari Kemerdekaan. Prajurit juga harus bisa memaknai seluruh perlombaan sebagai upaya para pejuang membebaskan Indonesia dari penjajah," kata Danyonif 141/AYJP Letkol Inf Arie Prasatyo Widyo Broto.

Meski perlombaan ini tak sesulit merebut kemerdekaan, tapi ini merupakan bentuk usaha prajurit dalam memaknai kemenangan atau kekalahan dan prajurit bisa menghargai bagaimana sportifitas dalam perlombaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv