Buah Naga Kuning dan Merah: Manfaat dan Karakteristik yang Berbeda

Buah Naga Kuning dan Merah: Manfaat dan Karakteristik yang Berbeda

Buah naga yang dikenal biasanya berwarna merah. Tapi ada warna naga lain yakni buah naga kuning. Masing-masing memiliki karakter rasa dan manfaat sendiri.-- Halodoc.com

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang terkait dengan buah naga kuning dan merah:

Buah Naga Kuning: Buah naga kuning kaya akan serat, yang membantu menjaga pencernaan yang sehat dan mengurangi risiko sembelit. Kandungan vitamin C-nya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

BACA JUGA:Mitos atau Fakta Sudut Ruangan: Tempat Bersarangnya Makhluk Halus.

BACA JUGA:Mengungkap Fakta Mengejutkan, Helm Bukan Hanya Pelindung, Tapi Juga Tempat Berkumpulnya Bakteri

Selain itu, buah naga kuning juga mengandung zat besi dan vitamin B yang penting untuk pembentukan sel darah merah dan metabolisme energi.

Buah Naga Merah: Buah naga merah kaya akan antioksidan, terutama betasianin. Antioksidan membantu melawan kerusakan oksidatif dalam tubuh dan melindungi sel-sel dari stres oksidatif. Buah naga merah juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kandungan seratnya juga mendukung pencernaan yang sehat dan membantu mengontrol kadar gula darah.

Penggunaan dalam Kuliner:

Karena perbedaan rasa dan warna, buah naga kuning dan merah dapat digunakan dalam berbagai hidangan dan minuman. Buah naga kuning lebih umum digunakan dalam jus, smoothie, salad buah, dan manisan.

BACA JUGA:Ketua Forum Kabupaten Muba Sehat Asna Aini Apriyadi Meninjau Langsung Kondisi Pasar Randik Kota Sekayu

BACA JUGA:Ringkasan Bab 11 Buku Psychology of Money: Menabung Uang, Masuk Akal Lebih dari Rasional

Buah naga merah cenderung lebih sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam hidangan penutup, seperti es krim, yogurt, dan kue. Namun, baik buah naga kuning maupun merah dapat dinikmati secara langsung sebagai camilan sehat.

Dalam kesimpulan, buah naga kuning dan merah memiliki perbedaan dalam warna, rasa, dan manfaat kesehatan yang mereka tawarkan. Keduanya merupakan sumber serat, vitamin, dan antioksidan yang baik, dengan buah naga merah memiliki keunggulan tambahan dalam hal kandungan betasianinnya.

Dengan memasukkan kedua jenis buah naga ini dalam pola makan yang seimbang, Anda dapat menikmati manfaat kesehatan yang berlimpah dari kedua varietas ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber