Tak Terduga, Keajaiban Minyak Sawit Merah untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Ekonomi

Tak Terduga, Keajaiban Minyak Sawit Merah untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Ekonomi

Tak Terduga, Keajaiban Minyak Sawit Merah untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Ekonomi--Foto: Instagram@minyak_sawit_merah

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Harga minyak sawit dapat berfluktuasi. Di saat Harga minyak sawit sedang tinggi, Presiden Joko Widodo memerintahkan penggunaan minyak sawit merah. Kabar baiknya, banyak pabrik kelapa sawit di Indonesia yang sudah mulai memproduksi minyak merah. Jadi apa itu minyak sawit merah?

Minyak sawit merah mungkin tidak memiliki banyak penggemar dibandingkan minyak populer lainnya seperti minyak kelapa dan minyak alpukat. Namun minyak sawit merah berhasil mendapat perhatian khusus dari banyak kalangan.

Minyak sawit berwarna merah cerah dan memiliki aroma yang kuat. Minyak sawit merah mungkin bukan pilihan pertama bagi kebanyakan orang, namun Anda harus mengetahui manfaat kesehatan yang terkait dengan minyak ini.

Minyak sawit merah terbuat dari buah pohon palem (Elaeis guineensis). Berasal dari Afrika Barat, pohon ini tumbuh di banyak negara tropis, termasuk India dan Malaysia. Dalam bentuk mentahnya, minyak sawit memiliki warna merah tua karena mengandung beta-karoten, pigmen merah jingga yang memberi warna khas pada wortel.

BACA JUGA:Kemajuan Teknologi Otomotif dalam Pengamanan Kendaraan

Minyak sawit merah memiliki rasa dan bau yang menyengat, sehingga perlu waktu untuk membiasakannya. Banyak orang yang tidak menyukai minyak ini karena warna, rasa dan baunya. Versi yang lebih populer adalah minyak sawit olahan, didenaturasi dan dihilangkan baunya (RBD), yang banyak dijual di supermarket. Minyak sawit ini tidak berasa atau berbau dan berwarna kuning muda.

Berikut beberapa hal menarik yang perlu Anda ketahui tentang minyak sawit merah dan manfaat kesehatan yang dikandungnya.

Apa itu minyak sawit merah?

Minyak sawit merah merupakan produk turunan dari minyak sawit mentah (CPO). Minyak merah dikenal sebagai pengganti minyak biasa. Lalu apa perbedaan minyak kelapa merah dengan minyak kelapa biasa?

Dalam pengolahannya, minyak kelapa merah tidak melalui proses limbah. Berbeda dengan kelapa sawit yang waktu-waktunya terbuang percuma. Sekarang proses pemurnian ini menghilangkan asam lemak bebas, membuat minyak sawit menjadi sabun.


Tak Terduga, Keajaiban Minyak Sawit Merah untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Ekonomi-freepik-freepik

Mereka yang ingin memperbaiki pola makan sebaiknya mulai mengonsumsi minyak merah. Mengapa? Menurut Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), minyak merah mengandung fitonutrien antara lain karoten sumber vitamin A, tokoferol dan tokotrienol, serta squalene sumber vitamin E.

Minyak merah disebut-sebut sebagai makanan yang efektif mencegah stunting pada anak-anak. anak-anak. Selain itu, mengonsumsi minyak merah dapat meningkatkan perkembangan otak pada anak karena mengandung asam lemak omega-9 dan omega-6.

Kenapa Minyak Sawit Merah Lebih Murah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: