Mengenal ICJ, Lembaga Independen Yang Perintahkan Israel Setop Serang Rafah

Mengenal ICJ, Lembaga Independen Yang Perintahkan Israel Setop Serang Rafah

Mengenal ICJ, Lembaga Independen Yang Perintahkan Israel Setop Serang Rafah--CIJ_ICJ/x

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Mahkamah Internasional yang dikenal sebagai International Court of Justice (ICJ), baru-baru ini mengeluarkan perintah kepada Israel untuk menghentikan serangan militernya di kota Rafah Gaza selatan.

Keputusan ini diumumkan pada Jumat, 24 Mei 2024, oleh Ketua ICJ, Hakim Nawaz Salam. Menurut pernyataan Hakim Salam, situasi di wilayah tersebut berisiko menyebabkan kerugian yang tidak dapat diperbaiki terhadap hak-hak masyarakat Gaza.

Selain perintah penghentian serangan, ICJ juga memerintahkan Israel untuk membuka perlintasan perbatasan Rafah dengan Mesir.

Hal ini bertujuan untuk memungkinkan masuknya bantuan kemanusiaan dalam skala besar. Israel juga diwajibkan memberikan akses ke Gaza bagi penyelidik dan misi pencarian fakta, serta melaporkan kemajuan penerapan langkah-langkah ini kepada ICJ dalam waktu satu bulan.

BACA JUGA: Melampaui Viralitas! Cerita Inspiratif di Balik Lagu 'Cinderela Pun Tiba' yang Memikat TikTok

Apa Itu Mahkamah Internasional (ICJ)?

Mahkamah Internasional, atau International Court of Justice (ICJ), adalah badan peradilan tertinggi di dunia yang bertugas menyelesaikan sengketa antarnegara.

Didirikan pada Juni 1945 berdasarkan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), ICJ mulai beroperasi pada April 1946. Kantor pusat ICJ berada di Peace Palace, Den Haag, Belanda.

ICJ adalah salah satu dari enam organ utama PBB dan merupakan satu-satunya yang tidak berbasis di New York, Amerika Serikat. Pembentukan ICJ diatur dalam Bab IV, pasal 92-96 Piagam PBB, memberikan kedudukan khusus dibandingkan lima organ utama PBB lainnya.

BACA JUGA:Rahasia Sehat dengan Ikan Betik, Manfaat dan Keunggulan Konsumsi bagi Tubuh Anda

Struktur dan Komposisi ICJ

Mahkamah Internasional terdiri dari 15 hakim yang dipilih untuk masa jabatan sembilan tahun oleh Majelis Umum PBB dan Dewan Keamanan.

Satu hakim dipilih sebagai ketua dan satu lagi sebagai wakil ketua. Para hakim ini dibantu oleh Register, yang berfungsi sebagai organ administratif. Bahasa resmi yang digunakan di ICJ adalah Inggris dan Prancis.

Peran dan Fungsi ICJ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber