India Lanjutkan Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

India Lanjutkan Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

India lanjutkan kirim bantuan kemanusiaan untuk Palestina.-hosny salah-pixabay.com/hosnysalah

NEW DELHI, PALTV.CO.ID - India telah menyumbangkan hampir 30 juta Dolar AS kepada Palestina yang dilanda perang hanya dalam kurun waktu lebih dari dua dekade.

Kementerian Luar Negeri India mengumumkan pada hari Kamis lalu, 19 Oktober 2023, bahwa India telah menyumbangkan 29,53 juta Dolar AS kepada Palestina dari tahun 2002 dan 2023, dan akan terus memberikan bantuan keuangan.

Keputusan ini diambil di tengah-tengah eskalasi mematikan antara Israel dan Palestina, menyusul serangan mendadak terhadap sebuah pemukiman Israel oleh Hamas, organisasi militer yang memerintah Gaza.

"India telah mendukung Palestina dan para pengungsi Palestina melalui sumbangan kepada Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA)," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri India, Arindam Bagchi.

BACA JUGA:Menteri Israel mengancam untuk 'menghapus Iran dari muka bumi' Jika Ngotot Tetap Bantu Palestina

Disampaikan Arindam, India telah meningkatkan kontribusi tahunannya dari 1,25 juta Dolar AS menjadi 5 juta Dolar AS pada tahun 2018.

Baru-baru ini India memperbaharui janjinya untuk melanjutkan kontribusinya selama dua tahun ke depan.

Juru bicara tersebut juga menegaskan kembali, mendukung India untuk negosiasi langsung membangun solusi dua negara, untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

Juru bicara ini juga mengungkapkan bahwa ada empat warga India terdampar di Gaza. Di tengah-tengah konflik yang meningkat dan 12-13 orang sedang diselamatkan di Tepi Barat (West Bank).

BACA JUGA:Korea Utara Memperingatkan Pesawat Pengebom Nuklir AS

Namun, ia menekankan bahwa angka-angka ini tidak dapat dikonfirmasi secara resmi. Setelah pecahnya kekerasan, India mengevakuasi 1.200 warga sipil dari Israel sebagai bagian dari 'Operasi Ajay' Pemerintah.

Pada bulan September 2022, Menteri Luar Negeri India mengatakan bahwa negaranya telah menjamin 'bantuan kemanusiaan yang berkelanjutan' ke negara lain yang dilanda perang, yakni Ukraina.

Pada hari Kamis, Perdana Menteri India Narendra Modi menegaskan, negaranya akan kembali berkomitmen untuk melanjutkan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina. Jal tersebut disampaikan Modi selama pertemuan dengan Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas.

Modi juga menyampaikan belasungkawa atas hilangnya nyawa warga sipil di Rumah Sakit Al Ahli di Gaza, dan menambahkan, “sangat prihatin dengan terorisme, kekerasan dan situasi keamanan yang memburuk di wilayah tersebut."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber