Ini Yang Harus Kamu Pahami Tentang Diet

Ini Yang Harus Kamu Pahami Tentang Diet

Ini Yang Harus Kamu Pahami Tentang Diet --Foto : Freepik.com/jcomp

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Diet dan nutrisi secara umum menggambarkan menunjukkan dua aspek yang berbeda. Namun makanan dan gizi merupakan satu kesatuan yang harus seimbang di dalam tubuh.

Apa itu Nutrisi?

Apa yang dimaksud dengan nutrisi yang baik? Nutrisi mengacu pada zat yang dibutuhkan tubuh manusia dan makhluk hidup lainnya untuk pertumbuhan, perkembangan, pemeliharaan, dan fungsi tubuh yang baik. Nutrisi diperoleh melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Zat-zat nutrisi terdiri dari makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien meliputi karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan zat gizi mikro mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit.

BACA JUGA:8 Efek Samping Diet Keto dan 6 Cara Mengelolanya dengan Bijak

 

Fungsi Nutrisi

  1. Peran utama makanan adalah menjaga kesehatan tubuh manusia secara keseluruhan. Namun untuk lebih jelasnya, beberapa fungsi nutrisi adalah:
  2. Meningkatkan kesehatan mental, seperti menjaga suasana hati dan mengurangi risiko gangguan kejiwaan.
  3. Menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.  BACA JUGA:Ingin Hidup Panjang Umur? Ini Pola Diet Zona Biru Yang Banyak Dipakai Orang Di Dunia
  4. Membantu meningkatkan kualitas hidup, sehingga seseorang dapat hidup lebih lama dan sehat dengan memperoleh nutrisi yang cukup dan seimbang.
  5. Mendukung pertumbuhan dan perkembangan manusia.
  6. Menjaga tingkat energi tubuh agar tetap optimal.
  7. Mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal.

Dengan memahami pentingnya aktivitas gizi, kita dapat memilih dan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

BACA JUGA:Ini Opsi Yang Aman Tanpa Lapar! Manfaatkan Tepung Jagung untuk Diet Bebas Gluten

 

Apa itu Diet?

Pola makan Diet adalah kebiasaan makan yang mengatur cara dan jenis makanan. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan fisik secara keseluruhan.

Selain itu, diet bertujuan untuk mencapai atau mempertahankan berat badan.

Tidak semua diet ditujukan untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan sebagian orang makan sesuai anjuran dokter karena memiliki penyakit tertentu yang mengharuskannya mengontrol seluruh nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber