Pengerjaan Monumen Bung Karno Dihentikan, Dinas PUTR Banyuasin Akan Lakukan Uji Kemiripan

Pengerjaan Monumen Bung Karno Dihentikan, Dinas PUTR Banyuasin Akan Lakukan Uji Kemiripan

Pengerjaan Monumen Bung Karno dihentikan, Dinas PUTR Banyuasin akan lakukan uji kemiripan, Senin (29/1/2024).-Suryadi-Tangkapan layar youtube.com/@PaltvRedaksi

BANYUASIN, PALTV.CO.ID - Monumen Bung Karno yang berada di Bung Karno Sport Center Jalan Lingkar Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, menjadi perhatian banyak pihak.

Bentuk wajah dan karakter Sukarno pada Monumen Bung Karno di Banyuasin hingga kini masih menjadi sorotan.

Wajahnya masih dianggap tidak mirip dengan Sang Proklamator meski sudah dilakukan perbaikan oleh pekerja lain.

Staf Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Banyuasin Leo yang ditemui di lokasi pembuatan Monumen Bung Karno pada hari Jum’at, 26 Januari 2024 yang lalu mengungkapkan, sebelumnya PUTR Banyuasin telah memberi waktu dan kesempatan kepada pihak yang mengerjakan untuk melakukan perbaikan.

BACA JUGA:Lagi-lagi Tidak Mirip, Perupa Sumatera Selatan Menyoal 2 Kali Monumen Bung Karno di Banyuasin Tuai Kritik


Leo, Staf Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Banyuasin, Jum’at (26/1/2024).-Suryadi-Tangkapan layar youtube.com/@PaltvRedaksi

Namun setelah diberikan waktu perbaikan, lanjut Leo, tetap saja tidak ada kemiripan dengan wajah Bung Karno. Oleh karena itu, Dinas PUTR Banyuasin memutuskan mengganti “senimannya”.

Plt Kepala Dinas PUTR Banyuasin Apriansyah saat ditemui di ruang kerjanya pada hari Senin, 29 Januari 2024 menyampaikan, pengerjaan dan perbaikan proyek Monumen Bung Karno sudah sangat maksimal dilaksanakan.

“Paket pengerjaan patung Bung Karno ini sendiri sebenarnya sudah sangat maksimal kita laksanakan perbaikannya. Jadi, memang sempat viral kemarin dan untuk patung ini sendiri sempat kita robohkan dan kita bangun baru. Sehingga nanti pada saatnya patung ini selesai akan kita publish ke masyarakat,” terang Apriansyah.

Oleh karenanya, menurut Apriansyah, sebelum Monumen Bung Karno di-publish ke masyarakat, Dinas PUTR Banyuasin akan melakukan uji kemiripan wajah dan karakter Sukarno.

BACA JUGA:Cerita Mas Karjo Seniman Asal Solo Pembuat Ulang Patung Bung Karno di Banyuasin


Apriansyah, Plt Kepala Dinas PUTR Banyuasin, Senin (29/1/2024).-Suryadi-Tangkapan layar youtube.com/@PaltvRedaksi

Namun, apabila masih juga belum ada kemiripan, maka kata Aprianysah, Dinas PUTR Banyuasin tidak akan mengeluarkan dana pembayaran untuk pengerjaan Monumen Bung Karno tersebut.

“Sebelum kita publish, kita akan uji dulu kemiripan. Apabila memang sudah benar mirip, maka kita publish,” kata Apriansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv