Cerita Mas Karjo Seniman Asal Solo Pembuat Ulang Patung Bung Karno di Banyuasin

Cerita Mas Karjo Seniman Asal Solo Pembuat Ulang Patung Bung Karno di Banyuasin

Patung Bung Karno di Banyuasin yang dibuat ulang oleh Mas Karjo dari Solo, Kamis (18/1/2024).-Suryadi-PALTV

BANYUASIN, PALTV.CO.ID - Seniman asal Solo, Mas Karjo, mengaku berhasil mengatasi tantangan berat dalam membuat ulang Patung Bung Karno di Banyuasin.

Sebelumnya, Patung Bung Karno yang pertama di Banyuasin tersebut sempat viral karena dianggap tak mirip dan ta proporsional. Namun kini, Mas Karjo merasa lega setelah hasil karyanya dinilai positif oleh masyarakat.

"Awalnya merasa beban, tetapi dengan pengalaman keliling Indonesia membuat patung dan seni lainnya. Beban itu saya lepaskan dan Patung Bung Karno ini saya buat dengan hati," ungkap Mas Karjo.

Dengan kekagumannya pada Sang Proklamator, Mas Karjo memastikan detail wajah dan bentuk Bung Karno sesuai dengan visinya.

BACA JUGA:Proyek Patung Bung Karno di Banyuasin Tak Sesuai Rupa dan Tak Proporsional, Tak Melibatkan Seniman Patung?


Mas Karjo asal Solo, pembuat ulang Patung Bung Karno di Banyuasin, Kamis (18/1/2024).-Suryadi-PALTV

Proses pembuatan patung tersebut dilakukan selama dua bulan dengan perhatian khusus pada bagian wajah yang dianggapnya paling rentan.

"Saya duduk di pinggir jalan, melihat patung terutama dari sisi wajah. Mendapat komentar positif dari warga membuat saya bahagia, karena Bung Karno ini sangat saya kagumi," tambahnya.

Meski dianggap mirip, Mas Karjo tetap melakukan sentuhan terakhir pada rahang dan telinga patung, ingin memastikan kesempurnaan karyanya.


Patung Bung Karno di Banyuasin berganti rupa berganti pose setelah dikerjakan Mas Karjo dari Solo, Kamis (18/1/2024).-Suryadi-PALTV

Ini merupakan pengalaman pertamanya membuat Patung Bung Karno dalam versi besar (monumental) dan utuh, memanfaatkan kemampuan dan pengalaman selama ini.

BACA JUGA:PALTV dan Kanwil Kemenkumham Sumsel Jalin Kerjasama Media Melalui Penandatanganan MOU

"Baru pertama kali ini saya membuat Patung Bung Karno untuk versi besar dan utuh. Biasanya, saya membuat dalam bentuk miniatur atau sebagian saja dari dada hingga kepala," tutup Mas Karjo dengan perasaan lega.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv