Inilah Bebeapa Alasan Bagaimana cara Virus Corona Menjangkiti Tubuh

Inilah Bebeapa Alasan Bagaimana cara Virus Corona Menjangkiti Tubuh

Bagaimana cara Virus Corona Menjangkiti Tubuh--Foto : freepik.com/@Drazen Zigic

BACA JUGA:Penyebaran Virus Covid-19 dari hewan? Apakah Benar


Bagaimana virus ini menginfeksi manusia? --Foto : freepik.com/@jcomp

 

1. Bagaimana virus ini menginfeksi manusia? 

Virus ini terjadi ketika tetesan  dari mulut orang yang batuk atau bersin masuk ke tubuh orang terdekat melalui mulut, hidung, atau mata. Virus memasuki paru-paru dan selaput lendir di bagian belakang tenggorokan, berikatan dengan reseptor sel dan mulai tumbuh di sana.

Virus ini memiliki protein sinyal yang memungkinkannya menempel pada membran sel, sehingga materi genetiknya dapat masuk ke dalam sel  manusia.

Materi genetik ini membajak metabolisme sel, dan akhirnya sel tidak  berkembang untuk kesehatan tubuh, melainkan menghasilkan virus.

BACA JUGA: Covid-19 Muncul Lagi, Mengapa Kita Perlu Tahu Dari Mana Asal Virus Corona Ini?

 

2. Bagaimana corona menyebabkan masalah pernapasannya? 

Ketika virus ini tumbuh, mereka mulai menginfeksi sel-sel di sekitarnya. Gejala biasanya dimulai di bagian belakang tenggorokan berupa sakit tenggorokan dan batuk kering.

Virus menyebar dengan cepat di dasar saluran  hingga masuk ke paru-paru. Proses ini merusak jaringan  paru-paru, menyebabkannya membengkak dan mempersulit paru-paru mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. 

Ketika jaringan paru-paru membengkak dan kekurangan oksigen dalam darah, jaringan tersebut terisi  cairan, nanah, dan sel-sel mati. Pneumonia, peradangan paru-paru, bisa terjadi. Pasien mungkin mengalami kesulitan bernapas dan membutuhkan ventilator (alat bantu pernapasan). Dalam beberapa kasus, terjadi kondisi yang disebut Sindrom Gangguan Pernafasan Akut, yang dapat menyebabkan kematian akibat kesulitan bernapas meskipun digunakan sengatan listrik. 

BACA JUGA:Tantangan dan Langkah Cerdik Menghadapi Varian JN.1 COVID-19 di Indonesia


Bagaimana virus menyebar melalui paru-paru --Foto : freepik.com@ jcomp

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber