Inilah Bebeapa Alasan Bagaimana cara Virus Corona Menjangkiti Tubuh

Inilah Bebeapa Alasan Bagaimana cara Virus Corona Menjangkiti Tubuh

Bagaimana cara Virus Corona Menjangkiti Tubuh--Foto : freepik.com/@Drazen Zigic

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Virus corona dikenal dengan sindrom pernapasan akut Virus corona 2 (SARS-CoV-2) merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini disebut COVID-19. 

Virus corona dapat menyebabkan masalah pernapasan ringan, infeksi paru-paru, dan bahkan kematian. Severe Acute Respiratory Syndrome Corona Virus 2 (SARS-CoV-2)  yang lebih dikenal dengan nama virus corona merupakan jenis virus corona baru  yang menular ke manusia.

Virus ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari orang lanjut usia (lansia), dewasa, anak-anak, bayi, hingga ibu hamil dan  menyusui.

Tubuh manusia merupakan sistem imun yang selalu waspada terhadap sel asing atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Ketika sistem imun tubuh mendeteksi sel atau mikroba yang dianggap berbahaya,  sistem  akan segera meresponsnya.

BACA JUGA:Tahukah Kalian, Inilah 14 Varian dari Corona Virus

Tubuh manusia merupakan sistem imun yang selalu waspada terhadap sel asing atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. 

Ketika sistem imun tubuh mendeteksi sel atau mikroba yang dianggap berbahaya,  sistem  akan segera meresponsnya. Begitu pula ketika virus corona masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh akan mengaktifkan respon imun  untuk melawan virus tersebut.

Orang yang sembuh dari  virus corona  memiliki respons sel T pembunuh  yang positif. Respons ini merupakan langkah penting dalam memerangi virus dan memastikan kelangsungan hidup.

Sementara itu, mereka yang tidak bertahan hidup biasanya tidak menghasilkan respons sel  T yang mematikan. Virus corona adalah fenomena unik

BACA JUGA: Covid-19 Muncul Lagi, Mengapa Kita Perlu Tahu Dari Mana Asal Virus Corona Ini?

Mereka dapat menginfeksi sel somatik dengan mengikat permukaan, menyuntikkan RNA, dan mengubah sel somatik menjadi virus. Hal ini memungkinkan virus corona untuk bereplikasi dan menyebabkan  lebih banyak kematian.

Begitu pula ketika virus corona masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh akan mengaktifkan respon imun  untuk melawan virus tersebut. Orang yang sembuh dari  virus corona  memiliki respons sel T pembunuh  yang positif. 

Respons ini merupakan langkah penting dalam memerangi virus dan memastikan kelangsungan hidup. Sementara itu, mereka yang tidak bertahan hidup biasanya tidak menghasilkan respons sel  T yang mematikan.

Virus corona adalah fenomena unik. Mereka dapat menginfeksi sel somatik dengan mengikat permukaan, menyuntikkan RNA, dan mengubah sel somatik menjadi virus. Hal ini memungkinkan virus corona untuk bereplikasi dan menyebabkan  lebih banyak kematian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber