5 Fakta Menarik Gigi Harimau, Senjata Mematikan Sang Raja Hutan

5 Fakta Menarik Gigi Harimau, Senjata Mematikan Sang Raja Hutan

5 Fakta Menarik Gigi Harimau, Senjata Mematikan Sang Raja Hutan--freepik

Anak harimau dilahirkan tanpa gigi. Gigi pertama (gigi susu) mulai tumbuh pada minggu-minggu pertama kehidupannya, dan ketika anak berusia beberapa bulan,  gigi susu tersebut sudah berada pada tempatnya.

Semua anaknya bertahan hidup dengan air susu induknya selama beberapa bulan, namun  tetap bersama induknya hingga dua tahun.

3. Gigi seri

Seekor harimau memiliki 12 gigi depan. 6 ke atas, 6 ke bawah. Terdapat gigi kecil  di bagian depan mulut. Gigi taring (gigi depan yang paling dekat dengan gigi taring) berukuran lebih besar dibandingkan gigi  tengah atau lateral. Kebanyakan harimau menggunakan gigi depannya untuk mencabut dan menyiapkan daging dari tulangnya,  dan terkadang untuk memetik dan memakan buah.

4. Gigi anjing 

Seekor harimau memiliki empat gigi. Dua ke atas, dua ke bawah, dua di kedua sisi mulut. Anjing bagian atas lebih besar dari anjing bagian bawah, tetapi keduanya relatif besar  dibandingkan dengan ukuran akuarium.

BACA JUGA:Home Alone 3: Kembalinya Kevin McCallister dengan Nuansa Penuh Gaya di Musim Liburan

Faktanya, harimau memiliki gigi  terbesar dibandingkan kucing lainnya. Anjing top dapat tumbuh hingga  3,5 inci.

Anjing itu terbiasa berburu makanan. Harimau sering kali berburu hewan yang lebih besar dari dirinya, sehingga mereka harus kuat.

5. Geraham

Gigi tersebut hanya memiliki dua gigi geraham yang terletak di belakang sepertiga depan rahang atas. Gerahamnya sangat kecil sehingga Anda tidak dapat melihatnya. Gigi pipi harimau dan gigi depan bagal disebut gigi kelamin dan mempunyai fungsi khusus.


5 Fakta Menarik Gigi Harimau, Senjata Mematikan Sang Raja Hutan--freepik

Ada fakta unik juga lho, seputar gigi harimau yuk simak penjelasan selanjutnya.

1. Memiliki nilai dalam pengobatan tradisional

Gigi harimau juga penting dalam pengobatan tradisional. Dalam beberapa kebudayaan, gigi harimau digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai  penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: