5 Hal yang Wajib Diketahui Mengenai Chevrolet Tavera: Kembaran Isuzu Panther Touring

5 Hal yang Wajib Diketahui Mengenai Chevrolet Tavera: Kembaran Isuzu Panther Touring

5 Hal Yang Wajib Diketahui Mengenai Chevrolet Tavera : Kembaran Isuzu Panther Touring--ig:@tavera__Chevrolet

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Tidak banyak yang mengetahui bahwa  mobil Isuzu Panther Touring pernah memiliki saudara kembar yang sangat identik, yaitu Chevrolet Tavera.

Diluncurkan oleh General Motors pada tahun 2001, mobil Chevrolet Tavera dibangun berdasarkan platform Panther Touring.

Kehadiran mobil Chevrolet Tavera tidak hanya memenuhi kekosongan pada segmen SUV 7- mobil penumpang bermesin bensin, yang saat itu hanya diisi oleh beberapa model, termasuk Suzuki Escudo.

Waktu itu, Chevrolet dan Isuzu sepakat untuk bekerja sama dengan memperkenalkan Tavera yang diambil dari Panther Touring. Langkah ini diambil untuk menghindari proses Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang membutuhkan biaya yang cukup besar.

BACA JUGA:Peran Media Dalam Pemilu, Lakukan Kontrol Sosial Sebagai Pilar Demokrasi

Sayangnya, berbeda dengan Panther, nasib Tavera tidak begitu baik. SUV berlogo Chevy bowtie ini hanya bertahan selama sekitar empat tahun.

Harga bekas Chevrolet Tavera saat ini terpantau berada di kisaran angka Rp50 jutaan, menawarkan opsi terjangkau bagi para calon pembeli. Berikut adalah lima hal penting yang perlu diketahui jika Anda berminat untuk membeli mobil ini.

1. Mesin Bensin Berbeda dengan Isuzu Panther

Isuzu Panther mengandalkan mesin diesel 2.500 cc direct injection, namun, berbeda dengan Chevrolet Tavera. Mobil ini dibekali dengan mesin bensin 2.200 cc GM Family II C22NE 4-silinder segaris SOHC, Multi Port Fuel Injection.

BACA JUGA:Canggihnya Uji Coba Drone ETLE: 30 Pelanggaran Tercatat dalam 10 Menit

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 116 PS pada 5.000 rpm dan torsi maksimal 180 Nm pada putaran 3.600 rpm.

Tidak hanya tersedia transmisi manual 5-percepatan, melainkan juga transmisi otomatis 4-percepatan torque converter. Performa mesin yang menggunakan teknologi Blazer Montera terasa optimal saat berada di putaran tengah hingga atas.

2. Konsumsi BBM Tinggi

Bobot yang berat dan respons tarikan yang kurang optimal berdampak pada konsumsi bahan bakar Tavera. Menurut pengalaman pengguna, konsumsi bahan bakar dalam kota berkisar 7 km/liter, sementara untuk perjalanan luar kota bisa mencapai 9-10 km/liter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber