Pulau Maspari, ‘Surga’ Tersembunyi dan Habitat Penyu Sisik di Kabupaten OKI

Pulau Maspari, ‘Surga’ Tersembunyi dan Habitat Penyu Sisik di Kabupaten OKI

Pulau Maspari, 'surga' tersembunyi dan habitat penyu sisik di sebelah timur Kabupaten OKI.--instagram.com/@pulaumaspari

OKI, PALTV.CO.ID - Pulau nan eksotis yang berbentuk seperti ikan pari itu bernama Pulau Maspari yang berada di Desa Sungai Lumpur, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan.

Meskipun berada jauh di sebelah timur, namun keberadaan Pulau Maspari ini menguakkan fakta bahwa Sumatera Selatan, ternyata memiliki hamparan pantai berpasir putih yang tak kalah indah dengan pantai lain yang ada di Indonesia.

Sebagai wilayah yang memiliki garis pantai terpanjang, Kabupaten OKI secara fisiografis bentang alamnya juga merupakan dataran rendah daerah perairan sebagai unsur utamanya.

Pulau Maspari pernah digadang-gadang masuk nominasi dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2020 lalu.

BACA JUGA:Pantai Pulau Maspari, Keindahan yang Terbayang di Ogan Komering Ilir


Pulau Maspari dari tampak atas seperti bentuk ikan pari.--instagram.com/@paramiswari

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika OKI, Adi Yanto mengatakan bahwa Pulau Maspari ini memiliki keunggulan tersendiri.

"Pulau yang berada di ujung timur Sumsel ini memiliki keindahan alam yang alami seperti batu karang, pasir yang putih dan air laut yang masih jernih. Inilah yang menjadi potensi alam yang indah," kata Adi Yanto.

Selain itu katanya, di Pulau Maspari pun sudah dikembangkan penangkaran kelompok  jenis penyu langka yakni Penyu Sisik.

"Sebagai pulau dalam kawasan terdepan berbatasan dengan Provinsi Bangka Belitung dan Lampung. Kita juga sudah mengembangkan penangkaran penyu sisik untuk menjaga kelestarian dan kelangsungan habitatnya yang semakin langka," terang Adi.

BACA JUGA:Tari Burung Migran, Tarian Persembahan Desa Sungsang IV Sambut Tamu dan Meriahkan Kegiatan Desa


Di Pulau Maspari dikembangkan penangkaran kelompok jenis penyu langka yakni Penyu Sisik.--instagram.com/@pulaumaspari

Pulau Maspari menjadi salah satu ikon pariwisata yang membanggakan masyarakat Sumatera Selatan, untuk menarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Dengan pengelolaan yang baik, kita berharap Pulau Maspari akan semakin dikenal hingga mancanegara serta jadi salah satu wisata andalan dan termasyhur di Sumatera Selatan," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber