Mengenal Penyebab Siklus dan Volume Menstruasi Tidak Normal Serta Bahaya Yang Mengancam.

Mengenal Penyebab Siklus dan Volume Menstruasi  Tidak Normal Serta Bahaya Yang Mengancam.

Mengenal Penyebab Siklus dan Volume Menstruasi Tidak Normal Serta Bahaya Yang Mengancam.--free pik.com

BACA JUGA:Tertinggal Sebentar di Toilet Mall, Tas Berisi Uang dan Barang Berharga Hilang Dibawa Orang Tak DiKenal

Ini biasanya terjadi akibat penurunan kadar lemak tubuh yang signifikan dan fluktuasi hormon.

 Pada sebagian wanita, terutama yang berolahraga intens, siklus menstruasi dapat menjadi tidak teratur. Hal ini bisa menjadi tanda adanya stres fisik yang berlebihan pada tubuh.

Untuk itu perlu dipahami tindakan yang harus diambil, jika mengalami perubahan yang signifikan dalam siklus menstruasi akibat aktivitas fisik.

Diantaranya jika  mengalami amenore atau ketidakteraturan menstruasi yang signifikan, segera konsultasikan dengan dokter. Ini penting untuk memastikan tidak ada masalah kesehatan yang serius.

BACA JUGA:Pemkab Muba Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan KDRT

Perlu memilih intensitas dan jenis olahraga yang Anda lakukan. Jika aktivitas fisik terlalu intens, pertimbangkan untuk menguranginya atau melakukan olahraga yang lebih ringan.

Pastikan Anda mendapatkan nutrisi yang cukup, terutama jika Anda berolahraga secara intens. Kekurangan nutrisi dapat memengaruhi keseimbangan hormon.

Istirahat yang cukup dengan memberikan  tubuh Anda waktu istirahat yang cukup untuk pulih dari aktivitas fisik yang berat. Istirahat yang kurang dapat menyebabkan stres fisik.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: verywellhealth.com