Berkeringat di Malam Hari? Tanda 5 Masalah Kesehatan yang Perlu Diwaspadai

 Berkeringat di Malam Hari? Tanda 5 Masalah Kesehatan yang Perlu Diwaspadai

Berkeringat di Malam Hari? Tanda 5 Masalah Kesehatan yang Perlu Diwaspadai--freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Berkeringat di malam hari adalah fenomena yang umum, disebabkan oleh berbagai faktor seperti cuaca panas atau pemilihan pakaian yang tidak nyaman.

Kalau masalah ruangan pengap yang membuat berkeringat, mungkin hal ini bisa dimaklumi. Namun keringat tetap keluar padahal suhu udara sudah dingin, ada baiknya waspada beberapa gejala penyakit atau gangguan kesehatan yang bisa menganggu kenyamanan tidur di malam hari.

Jika kondisi ini diiringi perubahan suhu tubuh yang mencolok, mungkin menjadi pertanda masalah kesehatan yang lebih serius. Berikut adalah lima kondisi kesehatan yang mungkin terkait dengan berkeringat di malam hari:

1. Gangguan Kecemasan dan Stres Berat

BACA JUGA:Selama Puasa, LRT Sumsel Bolehkan Penumpangnya Makan dan Minum Saat Buka Puasa

Berkeringat di malam hari dapat menjadi isyarat dari gangguan kecemasan atau stres berat. Adrenalin yang dipicu selama periode stres dapat merangsang produksi keringat, seringkali diiringi oleh kelelahan yang berlebihan.

Jika Anda mengalami gejala ini, penting untuk memperhatikan kesejahteraan mental Anda dan mungkin mencari bantuan profesional.

2. Efek Samping Obat-obatan Tertentu

Jika Anda mengonsumsi obat tertentu seperti antidepresan atau suplemen testosteron, berkeringat di malam hari mungkin merupakan efek samping yang biasa terjadi.

BACA JUGA:Memperkenalkan Jetour X70P SUV Asal China yang Siap Menguji Batas di Indonesia

Walaupun umum, jika kondisi ini mengganggu tidur atau aktivitas sehari-hari, segera konsultasikan dengan dokter untuk mencari solusi yang sesuai.

3. Kadar Gula Rendah (Hypoglycemia)

Hypoglycemia, atau kadar gula rendah dalam tubuh, dapat menjadi pemicu berkeringat di malam hari. Hal ini disebabkan oleh sirkulasi glukosa yang terlalu rendah akibat tingginya insulin dalam darah.

Bagi penderita diabetes, hypoglycemia dapat dipicu oleh efek obat-obatan, penundaan makan, atau aktivitas fisik yang intens. Jika Anda mengalami gejala ini secara teratur, segera konsultasikan dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber