Bukan Tablet Tambah Darah (TTD), Ini Yang Menyebabkan Bayi Terlalu Besar Di Masa Kehamilan

Bukan Tablet Tambah Darah (TTD), Ini Yang Menyebabkan Bayi Terlalu Besar Di Masa Kehamilan

Bukan Tablet Tambah Darah (TTD), Ini Yang Menyebabkan Bayi Terlalu Besar Di Masa Kehamilan --instagram.com/@bidanidn

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Para ahli medis telah menjelaskan bahwa hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa minum Tablet Tambah Darah (TTD) secara rutin dapat menyebabkan bayi tumbuh terlalu besar dan mengakibatkan persalinan sulit.

Mitos ini telah beredar lama, yang menyatakan bahwa mengonsumsi TTD dapat meningkatkan produksi darah dalam tubuh ibu secara berlebihan, sehingga berpengaruh pada ukuran janin.

Namun, klaim ini tidak dapat ditemukan dukungan medis yang kuat. Faktanya, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan bayi tumbuh lebih besar dari biasanya, dan konsumsi TTD bukanlah salah satunya.

Seperti kelahiran bayi di atas 4 kg atau lebih. Kebanyakan akan mengalami kesulitan saat proses persalinan. 

BACA JUGA:Pasca Ledakan, Puluhan Potong Besi Menyerupai Selongsong Diamankan Polisi dari Tempat Penampungan Barang Bekas

Akibat bayi yang terlalu besar juga banyak ibu hamil membatasi asupan TTD termasuk menghindari banyak makannan minuman yang katanya dapat menyebabkan bayi tumbuh besar di dalam rahim.

Penyebab Bayi Tumbuh Terlalu Besar:

1. Jenis Kelamin Bayi: Biasanya, bayi laki-laki memiliki berat badan yang lebih besar daripada bayi perempuan.

2. Kenaikan Berat Badan Ibu Selama Kehamilan: Kenaikan berat badan yang signifikan selama Kehamilan dapat berkontribusi pada ukuran bayi yang lebih besar.

BACA JUGA:Jepang Menghadapi 'Heatwave', Rekam Suhu Tertinggi dalam 125 Tahun Terakhir

3. Riwayat Obesitas atau Kegemukan pada Ibu: Jika ibu memiliki riwayat obesitas sebelum kehamilan, bayinya mungkin memiliki berat badan yang lebih besar.

4 . Penyakit Gula atau Diabetes Melitus pada Ibu: Ibu yang menderita penyakit gula atau diabetes melitus juga berisiko memiliki bayi dengan berat badan yang lebih besar.

Pentingnya TTD dalam Kehamilan: Terkait mitos yang beredar, penting untuk diingat bahwa konsumsi TTD sebenarnya sangat dianjurkan bagi ibu hamil demi kesehatan diri mereka sendiri dan perkembangan bayi.

Manfaat Konsumsi TTD secara Rutin dan Teratur untuk Ibu Hamil:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenkes.go.id