Bukan Buah Bit dan Delima! Ini Buah dan Makanan Yang Kandungan Zat Besinya Tinggi

Bukan Buah Bit dan Delima! Ini Buah dan Makanan Yang Kandungan Zat Besinya Tinggi

Bukan Buah Bit dan Delima! Ini Buah dan Makanan Yang Kandungan Zat Besinya Tinggi--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Banyak orang merekomendasikan buah bit dan buah delima sebagai penambah zat besi alami. Iya, benar kedua buah ini mengandung banyak zat besi. Namun bicara kandungan zat besi pada buah dan makanan  ternyata bukan buah bit dan delima.

Ada beberapa makanan yang mengandung 'lebih dari tiga kali lipat zat besi yang ditemukan dalam buah delima dan buah bit', kata Dr Dilip Gede, Dokter Konsultan Senior, Rumah Sakit Yashoda, Hyderabad.

Tabel berikut ini menunjukkan sumber zat besi yang paling umum di dalam tubuh! Delima dan bit bukanlah sumber zat besi terbaik dalam tubuh.

"Ini adalah kesalahpahaman besar bahwa bit dan delima kaya akan zat besi. Faktanya, buah bit hanya mengandung 0,76 mg zat besi per 100 gram dan delima 0,31 mg per 100 gram.

BACA JUGA:Catat! Wajib Ganti Filter Udara Motor Setiap Menempuh Jarak Segini

Asupan zat besi yang direkomendasikan biasanya sekitar 10 mg per hari. Karena itu, banyak orang yang merekomendasikan untuk memasukkan buah bit dan delima ke dalam menu makanan.

Selain itu, karena warnanya yang merah, keduanya dikatakan baik untuk mengatasi anemia defisiensi besi dengan cara meningkatkan darah dalam tubuh.

Asupan zat besi yang biasa direkomendasikan adalah sekitar 10 mg per hari.

Mengingat hal ini, banyak yang merekomendasikan untuk memasukkan buah bit dan delima ke dalam menu makanan.

BACA JUGA:Motor Beat Fi Starter Susah Menyala Tapi Diengkol Motornya Hidup, Begini Solusinya

Selain itu, karena warnanya yang merah, mereka dikatakan dapat membantu anemia defisiensi besi dengan meningkatkan darah di dalam tubuh.

Namun, ahli gizi Juhi Kapoor mengatakan bahwa delima bukanlah sumber zat besi terbaik.

1) Heme - ditemukan dalam daging, ikan dan unggas. Mudah diserap oleh tubuh. 'Biasanya 30 persen diserap,' kata Kalla.

2) Zat besi non-heme - ditemukan dalam buah, sayuran dan kacang-kacangan. "Tetapi zat besi dalam makanan ini tidak sepenuhnya diserap. Umumnya hanya 2-10 persen yang diserap oleh tubuh," kata Kalla.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber