Bingung Jatah Bulanan Cepat Menipis Ketika Bulan Puasa? Tips Agar Anak Kos Bisa Hemat Saat Ramadan

Bingung Jatah Bulanan Cepat Menipis Ketika Bulan Puasa? Tips Agar Anak Kos Bisa Hemat Saat Ramadan

Waktu adalah uang, saatnya berhemat.-nattanan23-pixabay.com/nattanan23

PALEMBANG PALTV.CO.ID - Menjadi anak kos dituntut untuk hidup mandiri dan diwajibkan selalu pintar-pintar mengatur keuangan, apalagi pada bulan Ramadan. Ajakan buka bersama dari berbagai komunitas yang diikuti serta keinginan diri sendiri untuk membeli makanan dengan porsi yang lebih banyak, membuat kantong malah jadi jebol.

Jangan khawatir, ada cara supaya Anda bisa menjadi hemat saat Ramadan. Berikut ini cara anak kos agar bisa menghemat saat Ramadan.

1. Mencari takjil gratis

Takjil gratis selalu menjadi hal menarik buat sebagian besar orang. Di bulan Ramadan ini, kita dapat menemukan berbagai jenis takjil gratis di masjid maupun di pinggir-pinggir jalan yang dibagikan oleh komunitas. Bagi kalian yang ingin menghemat uang, kalian dapat mencoba berburu takjil gratis. Jangan lupa ajak teman-teman agar berburu takjil gratis bersama.

Meskipun mencoba lebih hemat bagi anak kos memang tidak mudah. Namun kalian bisa memiliki uang tambahan pada hari raya nanti.

2. Mengurangi kegiatan ngabuburit dan jajan

Selain banyak menghabiskan biaya, ngabuburit juga dapat membuat lapar mata. Bagaimana tidak? Ketika bulan puasa tiba, sudah pasti banyak para pedagang-pedagang yang menjual berbagai macam jenis takjil untuk disantap saat berbuka. Dari pada menghabiskan uang untuk jajan takjil, lebih baik disimpan untuk membeli bahan makanan esok hari.

Siapkan bahan makanan yang bisa dimasak untuk dimakan saat sahur dan berbuka. Lebih baik ketika berbuka langsung makan masakan sendiri. Karena sudah pasti makanan yang dimasak ialah makanan berat. Dengan begitu, perut yang kosong akan langsung terisi penuh dan menghemat pengeluaran. 

3. Buatlah buka puasa seperti makan malam biasa

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kebiasaan ketika berbuka puasa selalu membeli seluruh makanan yang kita inginkan sampai berlebihan. Hal tersebut wajar saja terjadi karena Anda harus menahan lapar begitu lama sehingga ingin sesuatu yang dapat mengenyangkan.

Namun tentunya hal tersebut tidak dapat menjadi alasan untuk membeli makanan yang berlebihan. Dengan begitu, pilihlah menu makanan yang tidak terlalu mahal serta tidak ada yang berbeda dengan makan malam seperti malam biasanya di luar bulan puasa.* (Muhammad Ikhsanudin, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber