Panduan Mudik Aman dengan Mobil Listrik, Memaksimalkan Keamanan dan Kenyamanan Perjalanan

Panduan Mudik Aman dengan Mobil Listrik, Memaksimalkan Keamanan dan Kenyamanan Perjalanan

Panduan Mudik Aman dengan Mobil Listrik, Memaksimalkan Keamanan dan Kenyamanan Perjalanan-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Menjelang musim mudik Lebaran tahun 2024, semakin banyak pemilik mobil listrik (electric vehicle/EV) yang memilih kendaraan ramah lingkungan ini untuk melakukan perjalanan. 

Namun, perjalanan dengan mobil listrik membutuhkan perencanaan yang matang agar dapat berlangsung lancar dan aman. Berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan bagi para

pemilik mobil listrik yang hendak melakukan perjalanan mudik, seperti yang disarankan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID).

Sebelum memulai perjalanan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pengecekan ke bengkel resmi. Pengecekan ini penting dilakukan baik bagi pemilik mobil listrik maupun kendaraan konvensional.

BACA JUGA:Peringatan Hari Al-Quds Sedunia Menjadi Momentum Masyarakat Dunia Bela Palestina

Dengan melakukan pengecekan ke bengkel resmi, pemilik mobil dapat memastikan bahwa kendaraan mereka dalam kondisi prima dan siap untuk menempuh perjalanan jauh. Hal ini termasuk memastikan bahwa seluruh bagian kendaraan, termasuk baterai dan motor penggerak, berfungsi dengan baik.

Selanjutnya, pemilik mobil listrik perlu memperhatikan kapasitas baterai kendaraan mereka dan memperkirakan jarak yang bisa ditempuh. Setiap mobil listrik memiliki kapasitas baterai yang berbeda- beda, sehingga penting untuk mengetahui seberapa jauh kendaraan dapat melakukan perjalanan sebelum perlu diisi ulang.

Dengan menentukan rute perjalanan yang tepat, pemilik mobil dapat memastikan bahwa mereka tidak kehabisan daya di tengah jalan. Selain itu, pemilik mobil listrik juga perlu memperhatikan lokasi stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang ada di sepanjang rute perjalanan mereka.

Mengetahui lokasi SPKLU akanmemudahkan pemilik mobil untuk mengisi ulang baterai kendaraan mereka saat diperlukan. Penting  juga untuk mencari tahu tentang SPKLU di luar rest area, untuk menghindari antrean padat dan memastikan bahwa pengisian daya dapat dilakukan dengan lancar.

BACA JUGA:Masih Membandel, Sejumlah Kendaraan Bertonase Besar Diberhentikan Petugas Satlantas Polda Sumsel

Ketika melakukan perjalanan mudik, kemacetan seringkali menjadi hal yang tidak terhindarkan. Namun, pemilik mobil listrik dapat tetap tenang di tengah kemacetan ini. Hal ini disebabkan oleh kondisi mesin idle dan motor penggerak pada mobil listrik yang tidak bekerja secara maksimal, sehingga konsumsi daya listrik lebih rendah daripada saat mobil sedang berjalan.

Meskipun demikian, pemilik mobil listrik tetap perlu memperhatikan daya baterai kendaraan mereka di tengah kemacetan. Jika baterai mulai menipis, segera mencari tempat pengisian daya terdekat menjadi langkah yang penting untuk dilakukan.

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, pemilik mobil listrik dapat melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun 2024 dengan lebih aman dan nyaman. Dengan perencanaan yang matang dan pemahaman yang baik tentang kendaraan mereka, pemilik mobil listrik dapat menikmati liburan mereka tanpa khawatir akan kehabisan daya di tengah jalan.

Saat mempersiapkan perjalanan mudik Lebaran tahun 2024, semakin banyak pemilik mobil yang mulai mempertimbangkan opsi ramah lingkungan, seperti menggunakan mobil listrik (electric vehicle/EV).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: