Saat Pesawat Take Off Atau Landing Telinga Terasa Sakit? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat Pesawat Take Off  Atau Landing Telinga Terasa Sakit? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenali penyebab telinga sakit saat pesawat take off atau landing dan cara mengatasinya-- blog.klm.com

BACA JUGA:Mitos dan Misteri di Balik Bulu Perindu: Penglaris Usaha dan Pemikat Cinta Lawan Jenis

Namun, terkadang tabung Eustachius mungkin tidak berfungsi dengan baik. Ketika pesawat naik, dan tekanan di dalam kabin pesawat menurun.

Tabung Eustachius mungkin kesulitan membuka dengan cukup cepat untuk menyamakan tekanan di dalam dan di luar telinga.

Ini mengakibatkan tekanan yang lebih tinggi di dalam telinga tengah, yang dapat menyebabkan sensasi tidak nyaman hingga sakit.

Mengatasi Sakit Telinga Saat Naik Pesawat Untuk mengurangi risiko sakit telinga saat naik pesawat, ada beberapa langkah yang dapat diambil:

BACA JUGA:Ingin Direstui Menikah, Pemuda di Prabumulih Nekat Kirim Video Syur ke Orang Tua Kekasih

1. Kunyah Permen Karet atau Bernapas Lewat Hidung: Saat pesawat naik atau turun, usahakan untuk mengunyah permen karet atau bernapas melalui hidung.  Ini dapat membantu membuka tabung Eustachius dan mengurangi perbedaan tekanan.

2. Minum Air: Minum air atau minuman lainnya selama penerbangan dapat membantu menjaga tabung Eustachius tetap terbuka.

3. Hindari Tidur saat Naik Turun: Usahakan untuk tetap terjaga saat pesawat naik atau turun, karena perubahan ketinggian bisa lebih terasa saat tidur.

4. Kembungkan pipi lama-lama akan mengurangi denging. Usahakan menguap seperti mau tidur, kalau berhasil menguap  maka masalah telinga sakit akan selesai.

BACA JUGA:Kades Celikah Kartiwan Akan Dorong Potensi Wisata Desa Melalui Bumdes

5. Menggunakan Telinga Bayi atau Penutup Telinga: Beberapa penumpang menemukan bantuan dengan menggunakan telinga bayi atau penutup telinga selama perjalanan, yang dapat membantu mengurangi perubahan tekanan yang tiba-tiba.

Sakit telinga saat naik pesawat adalah fenomena umum dan biasanya tidak berbahaya. Namun, jika rasa sakit berlanjut atau sangat mengganggu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Dengan memahami mekanisme di balik fenomena ini dan mengambil langkah pencegahan yang sesuai, perjalanan udara Anda dapat menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber