Bukan Hanya Suara, Inilah 5 Perbedaan Knalpot Racing dan Knalpot Standar Pada Sepeda Motor!

Bukan Hanya Suara, Inilah 5 Perbedaan Knalpot Racing dan Knalpot Standar Pada Sepeda Motor!

Bukan Hanya Suara, Inilah 5 Perbedaan Knalpot Racing dan Knalpot Standar Pada Sepeda Motor!--Foto: instagram-barang2ndgarage

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Knalpot racing merupakan hasil dari modifikasi pada Knalpot standar sepeda motor. Pada umumnya jenis Knalpot ini digunakan oleh para pengendara sepeda motor ini bertujuan untuk dapat menghasilkan tenaga yang besar dan suara yang keras.

Knalpot mempunyai fungsi untuk dapat meredam suara ledakan dari proses pembakaran yang terjadi di dalam ruang mesin motor. Selain itu, knalpot juga berfungsi untuk dapat menyaring gas sisa hasil dari pembakaran dibuang ke udara bebas.

Knalpot racing umumnya digunakan untuk dapat menambah torsi dan kecepatan pada ajang balapan sepeda motor, namun jenis knalpot ini juga dapat digunakan pada berbagai aktivitas harian.

Sebagian besar orang beranggapan bahwa perbedaan antara knalpot racing dan knalpot standar hanya terletak pada suara yang dihasilkan.

Hal ini dikarenakan suara yang dihasilkan oleh knalpot racing ini cenderung lebih besar dibandingkan dengan knalpot standar.

Perbedaan antara knalpot racing dan knalpot standar bukan hanya dari sisi suara yang dihasilkan, namun juga terdapat beberapa perbedaan lainnya.

BACA JUGA:5 Kondisi Ini yang Menjadi Penyebab Sepeda Motor Mogok Saat Digunakan Berkendara!

Berikut ini beberapa perbedaan knalpot racing dan knalpot standar yang jarang diketahui oleh sebagian besar orang bahkan termasuk pengendara sepeda motor itu sendiri.

Struktur Knalpot

Perbedaan knalpot racing dan knalpot standar terletak pada struktur dasar dari kedua jenis knalpot tersebut.

Knalpot standar menggunakan tabung sebagai jalur untuk dapat mengalirkan gas sisa hasil pembakaran pada mesin motor atau partisi.

Jumlah partisi yang digunakan pada setiap knalpot sepeda motor tentunya tergantung pada mesin motor tersebut.

Komponen tersebut mempunyai fungsi untuk dapat memecah suara agar tidak terdengar bising, sementara knalpot racing tidak menggunakan tabung atau partisi.

Desain knalpot racing menggunakan header dengan bahan galvanis atau pipa biasa tanpa tabung. Hal tersebut membuat suara yang dihasilkan oleh knalpot racing terdengar lebih nyaring.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber