Cara Sederhana Menghilangkan Karang Gigi di Rumah Bikin Senyuman Makin Memukau!

Cara Sederhana Menghilangkan Karang Gigi di Rumah Bikin Senyuman Makin Memukau!

Cara Sederhana Menghilangkan Karang Gigi--Foto : pixabay.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Rutin menjaga kebersihan gigi dan mulut menjadi suatu keharusan bagi setiap orang guna mencegah masalah gigi yang lebih serius seperti karang gigi. karang gigi adalah lapisan keras yang terbentuk akibat penumpukan plak, yaitu lapisan lengket yang terdiri dari bakteri dan sisa makanan.

Jika tidak diatasi dengan benar, karang gigi dapat menyebabkan masalah kesehatan mulut yang serius, seperti infeksi gusi dan gigi berlubang. Berikut adalah beberapa cara membersihkan karang gigi di rumah tanpa harus ke dokter.

1. Sikat Gigi dengan Benar dan Rutin

Salah satu cara paling dasar dan penting untuk mencegah dan menghilangkan karang gigi adalah dengan menyikat gigi secara benar dan rutin.

Gunakan sikat gigi yang memiliki bulu-bulu lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride. Sikatlah gigi setidaknya dua kali sehari, selama dua menit setiap kali sikat, dan jangan lupa membersihkan bagian lidah dan langit-langit mulut.

BACA JUGA:Risiko Tinggi dan Akibat Pemakaian Sepatu Heels yang Berlebihan

BACA JUGA:Pentingnya dan Saat yang Tepat Menggunakan Dana Darurat

2. Gunakan Benang Gigi atau Sikat Gigi Interdental

Selain menyikat gigi, membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi atau sikat gigi interdental juga penting. Ini akan membantu mengangkat sisa-sisa makanan yang sulit dijangkau oleh sikat gigi biasa dan mencegah penumpukan plak yang dapat berubah menjadi karang gigi.

3. Kumur-kumur dengan Mouthwash

Menggunakan obat kumur atau mouthwash yang mengandung antiseptik dapat membantu membunuh bakteri dalam mulut, termasuk bakteri penyebab plak. Pilihlah mouthwash yang mengandung fluoride untuk membantu menguatkan enamel gigi.

BACA JUGA:Warga 9/10 Ulu Melahirkan Anak pada Hari Kemerdekaan RI ke-78, Anak Diberi Nama Hut RI Agustina

BACA JUGA:Jelang Purna Bakti, Walikota Palembang Pimpin Upacara Kemerdekaan RI Tingkat Kota Palembang

4. Perhatikan Pola Makan dan Minum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber