8 Bagian Gigi Manusia yang Harus Dijaga Kesehatannya

 8 Bagian Gigi Manusia yang Harus Dijaga Kesehatannya

8 Bagian Gigi Manusia yang Harus Dijaga Kesehatannya--freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Gigi memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari setiap orang. Gigi mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia.

Selain  mengunyah makanan dan membentuk kata-kata agar Anda dapat mengucapkannya dengan benar, gigi menopang jaringan wajah, membentuk mulut dan wajah, serta menunjang kesehatan rahang. 

Gigi penting tidak hanya  untuk kesehatan mulut Anda tetapi juga  untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Anatomi gigi sangat sederhana. Gigi terbagi menjadi dua bagian: mahkota dan akar. Mahkota adalah bagian mulut yang terlihat ketika Anda berbicara atau tersenyum. Pada titik ini, akar berada di bawah garis gusi.

BACA JUGA:8 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Yamaha Fazzio, Motor Matic Dengan Desain Futuristik!

Gigi manusia terdiri dari beberapa bagian yang berperan dalam fungsi dan struktur keseluruhan. Berikut adalah beberapa bagian utama pada gigi:

1. Email (Enamel)

Enamel gigi merupakan lapisan pelindung luar gigi. Ini melindungi mahkota gigi  (bagian yang terlihat di atas gusi) dari gigi berlubang dan berlubang.

Bekas giginya sangat panjang. Faktanya, itu adalah hal tersulit dalam tubuh. Lebih keras dari tulang. Sinyalnya kuat, namun memudar seiring berjalannya waktu. Semua hal ini dapat memecah plak di mulut, asam dari makanan yang Anda makan, dan bakteri dari karang gigi.

BACA JUGA:6 Hal Ideal yang Harus Dilakukan Supaya Gigi Sehat Optimal

8 Bagian Gigi Manusia yang Harus Dijaga Kesehatannya--freepik

Bagian paling luar dari gigi terdiri dari lapisan keras mineral yang melindungi gigi dari kerusakan akibat gigitan, tekanan, dan asam.

Kebanyakan enamel gigi mengandung kalsium dan fosfor. Mineral-mineral ini, yang merupakan 95% dari kadarnya, bersatu membentuk kristal yang sangat kuat (kristal kecil). Sisa email adalah air (4%) dan protein (1%).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber