Telok Ukan Makanan Musiman 17 Agustus Khas Kota Palembang

Telok Ukan Makanan Musiman 17 Agustus Khas Kota Palembang

Telok Ukan, makanan musiman khas Palembang yang biasa ditemukan pada perayaan Kemerdekaan RI dan HUT Kota Palembang, Sabtu (5/8/2023).-Suryadi-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kota PALEMBANG mempunyai beragam macam makanan khas, salah satunya ialah "Telok Ukan".

Telok Ukan, makanan musiman ini bisa dijumpai saat menjelang HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus dan hari jadi Kota Palembang saja.

Biasanya telok Ukan ini banyak dijual dan terlihat di sepanjang Jalan Merdeka Kecamatan Bukit Kecil Kota Palembang.

Telok Ukan ini terbuat dari telur bebek yang sudah diolah dan diberi bumbu khusus. Cangkang telur dilubangi karena salah satu proses memasak Telok Ukan.

BACA JUGA:Jelang HUT RI Ke-78, Warga Asal Bandung Jual Bendera Merah Putih di Pagar Alam

BACA JUGA:Rumah Limas Palembang Masih Jadi Primadona Masyarakat Berswafoto


Nama Telok Ukan terbilang unik, berasal dari pembeli yang sering bertanya dalam bahasa Palembang 'ini telok apo bukan?' Dalam bahasa Indonesia artinya ini telur atau bukan, Sabtu (5/8/2023).-Suryadi-PALTV

Lalu lubang telur tersebut ditutup agar tidak tumpah pada saat dimasak. Untuk penutup lubang Telok Ukan biasanya memakai gabus kayu.

Telok Ukan merupakan salah satu makanan khas dari Kota Palembang, yang hanya dijumpai pada momen menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus dan hari jadi Kota Palembang. Biasanya Telok Ukan ini dijual bersamaan dengan Telok Abang dan Kapal-kapalan Hias.

Telok Ukan ini rasanya sangat gurih serta banyak peminatnya, apalagi ketika menjelang 17 Agustus. Karena, Telok Ukan makanan yang munculnya hanya setahun sekali, dan sering dicari warga Palembang, termasuk juga orang luar daerah Palembang.

Seperti yang dikatakan Azizah salah satu penjual Telok Ukan di Jalan Medeka. "Rasa Telok Ukan ini enak dan gurih karena diolah dengan rempah-rempahan khusus, dan juga banyak peminatnya."

BACA JUGA:Solusi Buat yang Butuh Dana Cepat, Ini Aplikasi Pinjol Cepat Cair

BACA JUGA:Heboh! Warga Dusun 1 Desa Muara Medak Terkejut, Ternyata Ada Pengedar Narkoba di Tengah Mereka!


Azizah salah satu penjual Telok Ukan di Jalan Medeka Kota Palembang, Sabtu (5/8/2023).-Suryadi-PALTV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv