Nah Ini Dia 10 Manfaat Daun Sirsak alias ‘Nangko Belando’ yang Jarang Diketahui!

Nah Ini Dia 10 Manfaat Daun Sirsak alias ‘Nangko Belando’ yang Jarang Diketahui!

Selain buahnya yang lezat, daun sirsak atau 'nangko Belando' juga punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.-Najib Zamri-pixabay.com/najibzamri

Salah satu manfaat paling menarik dari daun sirsak adalah potensinya sebagai agen antikanker. Beberapa penelitian in vitro dan pada hewan telah menunjukkan bahwa senyawa-senyawa dalam daun sirsak, dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker tanpa merusak sel-sel sehat. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk memahami efeknya pada manusia.

4. Menyembuhkan infeksi

BACA JUGA:Tepat 30 Juli, Peringatan Hari Persahabatan Sedunia

BACA JUGA:Masyarakat Dapat Manfaatkan Fasilitas Pelayanan Lengkap Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang

Daun sirsak telah digunakan secara tradisional untuk mengobati infeksi bakteri dan virus. Senyawa acetogenin dalam daun ini diketahui memiliki aktivitas antimikroba yang kuat, yang membantu melawan berbagai infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Menurunkan risiko diabetes

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa daun sirsak dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Ini bisa menjadi berita baik bagi penderita diabetes atau orang yang berisiko tinggi mengalami diabetes tipe 2.

6. Melawan parasit

BACA JUGA:Meningkatnya Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Berbagai Bidang di Tahun 2023

BACA JUGA:PLTSa Tidak Sepenuhnya Atasi Masalah Sampah di Palembang

Kandungan senyawa antiparasit dalam daun sirsak telah digunakan secara tradisional untuk mengobati infestasi parasit dalam tubuh, seperti cacing usus.

7. Menyehatkan kulit

Daun sirsak juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Dapat digunakan sebagai ramuan topikal atau masker wajah untuk mengatasi jerawat, mengurangi peradangan kulit, dan memperbaiki kondisi kulit lainnya.

8. Menyokong kesehatan otak

BACA JUGA:Potensi Tersembunyi, 6 Manfaat Luar Biasa Cangkang Telur untuk Pertumbuhan Tanaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber