Nah Ini Dia 10 Manfaat Daun Sirsak alias ‘Nangko Belando’ yang Jarang Diketahui!

Nah Ini Dia 10 Manfaat Daun Sirsak alias ‘Nangko Belando’ yang Jarang Diketahui!

Selain buahnya yang lezat, daun sirsak atau 'nangko Belando' juga punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.-Najib Zamri-pixabay.com/najibzamri

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Daun sirsak adalah salah satu bagian dari tanaman sirsak (Annona Muricata) yang sering digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional di berbagai budaya.

Buah sirsak alias 'nangko Belando' terkenal dengan rasa manisnya yang lezat, tetapi daunnya juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Dalam tulisan ini, kami akan mengungkapkan manfaat daun sirsak yang jarang diketahui dan membahas mengapa mereka pantas mendapat perhatian lebih dalam dunia kesehatan.

1. Mengandung senyawa aktif antioksidan

BACA JUGA:Inilah Manfaat Buah ‘Nangko Belando’ alias Sirsak bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 9 Idaman Noni-noni Belanda

BACA JUGA:Buah Sirsak! Rasa Asam Manis Yang Kaya Manfaat.

Daun sirsak mengandung senyawa aktif seperti acetogenins, flavonoid, tanin, alkaloid, dan polifenol, yang memiliki sifat antioksidan.

Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

2. Potensi anti-kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa daun sirsak memiliki potensi untuk melawan kanker. Beberapa studi in vitro menunjukkan bahwa senyawa acetogenins yang terdapat dalam daun sirsak, dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara selektif tanpa merusak sel sehat di sekitarnya.

BACA JUGA:Mengenal Penyebab Alergi Dingin dan Cara Mengobatinya, Penderita Sebaiknya Tahu!

BACA JUGA:Musim Haji dan Tahun Ajaran Baru Pengaruhi Turunnya Harga Emas

Meskipun penelitian masih dalam tahap awal, ini menunjukkan potensi daun sirsak sebagai agen anti-kanker yang menarik.

3. Melawan kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber