Mengapa Kita Merasa Ngantuk Setelah Makan? Ternyata ini Alasanya

Mengapa Kita Merasa Ngantuk Setelah Makan? Ternyata ini Alasanya

Seringkali merasa ngantuk setelah makan. Biasanya disebabkan kebanyakan konsumsi karbohidrat.--pexels.com/@piacaguadio

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Tidur adalah waktu untuk beristirahat agar kita tidak kelelahan, mandi membuat kita segar, dan makan memberi kita energi untuk beraktivitas. Kita bisa memandang makanan seperti mengisi bensin ke mobil agar memiliki tenaga untuk pergi ke mana-mana. Nah, yang terjadi kita sering ngantuk setelah makan

Seringkali setelah makan, kita justru merasa malas dan ingin tidur?. Baiklah, mari kita bahas lebih lanjut. Mengapa kita ngantuk setelah makan?.  Ternyata, ada zat-zat dalam tubuh kita yang berfungsi untuk mengirimkan pesan dan mengantarkan energi ke seluruh tubuh, terutama otak. 

Zat-zat ini membuat mood kita menjadi senang, santai, lemas, dan ujung-ujungnya mengantarkan kita merasa ngantuk setelah makan. Satu di antara para zat yang menjadi "kurir" ini adalah zat yang membantu mencerna dan mengolah energi dari makanan. 

Zat ini berperan penting dalam proses mengubah nutrisi dari darah ke dalam sel-sel tubuh. Ketika kita fokus pada proses ini, zat ini juga berpindah dari darah ke otak dan menyebabkan rasa kantuk.

BACA JUGA:Cek Sekarang! Apakah Kotamu Terima Bansos BPNT dan PKH Agustus 2023 Cair di 83 Daerah

BACA JUGA:Menjual Alat- Alat Dapur Hasil Kerajinan Pedesaan Bersaing Dengan Produk Pabrik Perkotaan.

Selain itu, tarikan gravitasi juga berperan dalam membuat kita merasa ngantuk setelah makan. Ketika kita makan, darah akan mengalir ke perut untuk mencerna makanan. Akibatnya, aliran darah ke otak berkurang, sehingga menambah rasa kantuk.

Namun, mengapa beberapa orang merasa ngantuk setelah makan sementara yang lain tidak? Jawabannya tergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi. Makanan tinggi karbohidrat yang cepat dicerna lebih mungkin menyebabkan rasa kantuk, terutama jika dikonsumsi bersama dengan makanan tinggi gula.

Oleh karena itu, orang-orang Indonesia yang terbiasa makan nasi dan makanan cepat saji mungkin sering merasa mengantuk setelah makan.

Untuk menghindari rasa kantuk yang berlebihan, kita dapat mengonsumsi karbohidrat yang lebih lambat dicerna, seperti makanan berserat tinggi. Selain itu, tidur siang sebentar juga bisa menjadi penyelamat. 

BACA JUGA:Hindari Ban Pecah! Ini Kiat Memperpanjang Usia Pakai Ban Mobil Anda

BACA JUGA:Ringkasan Bab 3 Buku Think And Grow Rich: Visualisasi dan Keyakinan untuk Mencapai Keinginan

Tidur siang yang singkat dapat menyegarkan pikiran, memperbaiki konsentrasi, dan tentu saja menghilangkan rasa kantuk. Jadi, tidak apa-apa merasa ngantuk setelah makan karena ini adalah hal wajar. 

Namun, jika rasa kantuk setelah makan menjadi terlalu parah dan berpengaruh pada produktivitas, mungkin sudah saatnya untuk memeriksa dan memperbaiki pola makan kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber