Ringkasan Bab 6 Buku The Science of Getting Rich: Bagaimana Kekayaan Datang Padamu

Ringkasan Bab 6 Buku The Science of Getting Rich: Bagaimana Kekayaan Datang Padamu

Ringkasan Bab 6 Buku The Science of Getting Rich.--W. D. Wattles.

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Ketika saya mengatakan bahwa kamu tidak perlu melakukan transaksi tajam, bukan berarti kamu tidak perlu melakukan transaksi sama sekali, atau bahwa kamu berada di atas keharusan untuk berhubungan dengan sesama manusia. 

Maksud saya adalah bahwa kamu tidak perlu berurusan dengan mereka dengan tidak adil; kamu tidak harus mendapatkan sesuatu dengan cuma-cuma, tetapi bisa memberikan kepada setiap orang lebih dari yang kamu ambil dari mereka.

Kamu mungkin tidak dapat memberikan setiap orang lebih dalam nilai pasar tunai daripada yang kamu ambil darinya, tetapi kamu bisa memberikan kepadanya nilai penggunaan yang lebih besar daripada nilai tunai dari barang yang kamu ambil darinya. 

Kertas, tinta, dan bahan lain dalam buku ini mungkin tidak sebanding dengan uang yang kamu bayarkan untuknya; tetapi jika gagasan-gagasan yang diusulkan oleh buku ini membawamu ribuan dolar, maka mereka tidak berbuat salah terhadapmu; mereka telah memberikanmu nilai penggunaan yang besar dengan nilai tunai yang kecil.

BACA JUGA:Ringkasan Bab 8 Buku Riches and Poverty:Mereka yang Bekerja dan Mereka yang Menunggu

BACA JUGA:Apa Itu Buta Warna? Ini Gejala, Penyebab, dan Cara Diagnosisnya

Mari kita asumsikan bahwa saya memiliki sebuah lukisan karya salah satu seniman besar, yang, dalam masyarakat beradab manapun, bernilai ribuan dolar.

Saya membawanya ke Teluk Baffin, dan dengan "keahlian dalam penjualan" membuat seorang Eskimo memberikan bundel bulu senilai $500 sebagai gantinya. 

Saya telah benar-benar melakukan ketidakadilan padanya, karena dia tidak memiliki kegunaan untuk lukisan itu; lukisan itu tidak memiliki nilai penggunaan baginya; lukisan itu tidak akan menambah hidupnya.

Tetapi bayangkan jika saya memberinya sebuah senapan senilai $50 sebagai gantinya; maka dia telah melakukan transaksi yang menguntungkan. 

BACA JUGA:Kecamatan Gandus Siapkan Posko Khusus Untuk Korban Kebakaran Di Lorong Manggis

BACA JUGA:Perempuan Inspirator: Semangat Luar Biasa dalam Mencegah Stunting

Dia memiliki kegunaan untuk senapan itu; senapan itu akan mendapatkan banyak bulu dan makanan baginya; senapan itu akan menambah hidupnya dalam segala cara; senapan itu akan membuatnya kaya.

Ketika kamu naik dari tingkat persaingan ke tingkat kreatif, kamu dapat mengawasi transaksi bisnismu dengan sangat ketat, dan jika kamu menjual sesuatu kepada seseorang yang tidak menambah lebih banyak kehidupan baginya daripada barang yang dia berikan kepadamu sebagai pertukaran, kamu bisa berhenti melakukannya. Kamu tidak perlu mengalahkan siapapun dalam bisnis. Dan jika kamu berada dalam bisnis yang merugikan orang lain, segera keluarlah dari bisnis tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber