Apa Itu Buta Warna? Ini Gejala, Penyebab, dan Cara Diagnosisnya

Apa Itu Buta Warna? Ini Gejala, Penyebab, dan Cara Diagnosisnya

Buta warna merupakan kondisi mata yang tidak bisa membedakan warna secara benar. --siloamhospital.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Buta warna adalah gangguan penglihatan yang mengakibatkan seseorang sulit atau tidak dapat membedakan atau mengenali warna secara normal. Orang yang mengalami Buta warna tidak dapat melihat warna dengan kejelasan atau memiliki kesulitan dalam membedakan beberapa warna tertentu.

Kondisi ini umumnya terkait dengan ketidaknormalan pada pigmen penglihatan di dalam sel-sel kerucut retina mata.  Buta warna ini tidak diketahui persis penyebab dominannya karena apa. Faktor orang tua yang buta warna memungkinkan memiliki anak yang juga buta warna.

Yang jelas, tidak buta warna menjadi syarat mutlak untuk melanjutkan studi atau bekerja di tempat yang memerlukan ketajaman penglihatan. Sering kali, orang gagal meraih cita-citanya karena buta warna. Kebanyakan orang buta warna ini tidak menunjukan gejala khusus pada matanya.

Meski pada kenyataan, ketika melihat warna tertentu, dia akan sulit membedakan. Misalnya tidak bisa membedakan antara warna hijau dengan biru.

BACA JUGA:Kevin Dean Dra, Perwakilan Indonesia dalam Konferensi World Gold Nation di Dubai

BACA JUGA:Kecamatan Gandus Siapkan Posko Khusus Untuk Korban Kebakaran Di Lorong Manggis

Kasus buta warna ini juga banyak menjadi biang kegagalan masuk sekolah-sekolah kedinasan. Menjadi syarat mutlak untuk normal dalam penglihatan, membuat kecewa dan sedih sebagian orang. Nah, kita perlu mengenal lebih jauh apa itu istilah buta warna.

Gejala buta warna dapat bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan kondisinya. Beberapa gejala yang umum terjadi meliputi:

1. Kesulitan membedakan warna tertentu, misalnya tidak bisa membedakan antara warna merah dan hijau.

2. Kesulitan melihat perbedaan warna yang lemah atau subtil.

BACA JUGA:Mengenalkan Sejak Dini pada Anak Tahun Baru Islam

BACA JUGA:Perempuan Inspirator: Semangat Luar Biasa dalam Mencegah Stunting

3. Penglihatan warna yang terdistorsi atau redup.

Penyebab buta warna umumnya berkaitan dengan ketidaknormalan pada pigmen penglihatan di dalam sel-sel kerucut retina mata. Ada dua jenis utama buta warna:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber