Mana yang Lebih Penting? Jelang Idul Adha, Akikah atau Kurban Dulu

Mana yang Lebih Penting?  Jelang Idul Adha, Akikah atau Kurban Dulu

Hewan Akikah dan Kurban--freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kurban dan aqiqah secara sepintas hampir mirip dalam hal memotong hewan dan membagikan dagingnya. Namun secara islam keduanya berbeda secara maksud dan tujuannya.

Kurban adalah merupakan salah satu ibadah membagikan daging hewan kurban oleh umat Muslim pada hari raya Idul Adha. Pada saat ini, hewan ternak seperti sapi, kambing, atau domba disembelih sebagai bentuk pengorbanan kepada Allah SWT.

Kurban dilakukan sebagai tindakan syukur dan pengabdian kepada Allah, mengikuti contoh Nabi Ibrahim AS yang siap untuk mengorbankan anaknya Ismail AS atas perintah Allah.

Aqiqah, di sisi lain, adalah pembagian daging hewan yang telah disembelih dan dilakukan ketika seorang bayi lahir. Aqiqah melibatkan penyembelihan hewan untuk menyambut kelahiran anak dan juga sebagai tanda syukur kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Bahaya Mengkonsumsi Daging Kurban Berlebihan, Ini yang Harus Anda Ketahui!

BACA JUGA:Ingat.!!! Ini Niat Sah Berkurban, Agar ibadah Nggak Sia - Sia.

Hewan yang disembelih biasanya adalah kambing atau domba, dan dagingnya kemudian dibagikan kepada keluarga, teman, dan orang yang membutuhkan.

Dalam hal memilih antara melakukan kurban atau aqiqah terlebih dahulu, tidak ada ketentuan khusus dalam agama Islam. Kedua praktik ini dapat dilakukan secara terpisah dan tidak ada aturan yang mengatur urutannya. Keputusan untuk melakukan kurban atau aqiqah terlebih dahulu dapat bergantung pada preferensi pribadi, budaya, dan kondisi finansial.

Namun dalam penjelasan ulama yakni UAS (Ustadz Abdul Somad) yang dikutip dari kanal youtube @seputarngaji9 pada tanggal 17 Juni 2023.  Di kanal youtube ini, Ustad Abdul Somad menjelaskan manakah yang harus didahulukan atara kurban dan akikah.

Menurut Ustadz Abdul Somad,  misal ada uang Rp2 juta, manakah yang lebih afdol untuk dilakukan Terlebih dahulu, Kurban atau akikah kurban.

BACA JUGA:Jenis Sapi Ini Ramai Diburu untuk Kurban, Dagingnya Banyak dan Tulangnya Kecil

BACA JUGA:5 Syarat yang Wajib Diketahui Calon Pengkurban Agar Ibadahnya Sah

Menurut Ustadz Abdul Somad, uang yang ada pada saat ini lebih baik digunakan untuk berkorban. Ustaz Abdul Somad menjelasakan bahwa kurban lebih baik di dahulukan karena secara waktu ini adalah saat yang tepat untuk berkurban.

Ustadz Abdul Somad juga menjelaskan apabila ada rezeki berlebih bolehlah melaksanakan akikah di bulan depannya.

"Baru bila bulan depan dapat Rp2 juta kembali maka silahkan untuk akikah," tambah UAS. UAS menjalaskan, jika hanya memiliki uang yang pas, lebih penting berkuban terlebih dahulu.

Terlepas dari mana yang harus didahulukan. Dalam agama Islam, baik kurban maupun akikah adalah dua jenis ibadah yang memiliki tujuan dan pelaksanaan yang berbeda.

BACA JUGA:Mengenal Mudharabah Dalam Pembiayaan Bank Syariah di Indonesia, Anda Wajib Mengetahuinya!

BACA JUGA:Manfaat Jalan Kaki Ala Rasulallah

1.   Kurban: Kurban adalah ibadah penyembelihan hewan tertentu pada waktu-waktu tertentu, terutama pada hari raya Idul Adha. Tujuan utama kurban adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengikuti teladan Nabi Ibrahim AS yang siap mengorbankan putranya, Nabi Ismail AS, atas perintah Allah. Kurban juga memiliki tujuan sosial, yaitu berbagi dengan orang lain dan membantu mereka yang kurang mampu. 

    Proses kurban melibatkan pemilihan hewan yang memenuhi syarat tertentu, seperti umur minimal, kondisi fisik yang sehat, dan hewan-hewan yang diperbolehkan dalam agama Islam, seperti domba, kambing, sapi, atau unta. Setelah hewan dikurbankan, dagingnya dibagi-bagikan kepada keluarga, kerabat, dan orang-orang yang membutuhkan.

2.   Akikah: Akikah adalah ibadah yang dilakukan ketika seorang bayi lahir, biasanya dilakukan pada hari ketujuh setelah kelahiran. Ibadah akikah melibatkan penyembelihan hewan kurban, umumnya kambing atau domba. Tujuan utama akikah adalah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah atas kelahiran bayi dan sebagai bentuk pengorbanan untuk bayi tersebut.

    Akikah juga melibatkan pemotongan sebagian daging hewan kurban yang kemudian dibagi-bagikan kepada keluarga, kerabat, dan orang-orang yang membutuhkan. Selain itu, ada juga tradisi memberi nama kepada bayi pada saat pelaksanaan akikah.

BACA JUGA:Masjid Cheng Ho, Perpaduan Budaya Tionghoa dan Islam

BACA JUGA:Masjid Suro, Saksi Bisu Perkembangan Islam di Bumi Sriwijaya

Perbedaan utama antara kurban dan akikah adalah tujuan dan waktu pelaksanaannya. Kurban lebih bersifat ibadah umum yang dilakukan pada hari raya Idul Adha, sedangkan akikah lebih spesifik terkait kelahiran seorang bayi dan dilakukan pada hari ke tujuh setelah kelahiran.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber